MODEL REGULASI DIRI DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL SISWA DI SD PETRA JOMBANG DAN MIN 1 JOMBANG

Ni’matul Izza, NIM. 17204080028 (2019) MODEL REGULASI DIRI DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL SISWA DI SD PETRA JOMBANG DAN MIN 1 JOMBANG. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MODEL REGULASI DIRI DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL SISWA DI SD PETRA JOMBANG DAN MIN 1 JOMBANG)
17204080028__BAB I_BAB V_daftar pustaka.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (MODEL REGULASI DIRI DALAM PENGEMBANGAN SIKAP SPIRITUAL SISWA DI SD PETRA JOMBANG DAN MIN 1 JOMBANG)
17204080028_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Pengembangan sikap spiritual sebagai upaya sadar yang dirancang untuk membantu individu dalam mengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kepribadian dalam sikap spiritual. Ada empat nilai dalam pelaksanaan yang diterapkan di sekolah dasar yang wajib dikembangkan yaitu, ketaatan beribadah, perilaku syukur, berdoa sebelum dan sesudah melakukan kegiatan, toleransi dalam beribadah. Berdasarkan niali tersebut terdapat hubungan manusia dengan Tuhan, manusia dengan manusia, dan manusia dengan alam semesta. Dalam hubungan dengan Tuhan manusia wajib melakukan ibadah wajib walaupun menjaga keistiqomahannya semua orang belum tentu mampu. Regulasi diri yang baik dengan mengatur dirinya sendiri berpengeruh terhadap proses sikap spiritual yang di lakukan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan sikap spiritual di SD Petra Jombang dan MIN 1 Jombang. Serta mendeskripsikan model regulasi siswa di SD Petra Jombang dan MIN 1 Jombang dalam mejalankan ibadah wajib. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif yang bermaksud untuk memahami fenomena utama dalam pengembangan sikap spiritual di SD Petra Jombang dan MIN 1 Jombang serta mendeskripsiskan model regulasi para siswa di SD Petra Jombang dan MIN 1 Jombang,. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui 1) observasi 2) wawancara, 3) dokumentasi. Hasil temuan yang dapat dipaparkan yakni,1) pelaksanaan pengembangan sikap spiritual di SD Petra Jombang dan MIN 1 Malang yang dibagi menjadi dua sifat vertikal dan horuzontal. 2) model regulasi diri para siswa di SD Petra Jombang dan MIN 1 Jombang dalam menjaga keistiqomahan untuk melakukan ibadah wajib cenderung dari model external regulation, yaitu model yang dipengaruhi oleh orang lain untuk menjalankannya, dan adanya pengaruh tersebut yang kemudian mendorong siswa untuk menjalankan setiap saat dan terus menerus dan menjadi kebiasaan, sehingga tanpa di perintah orang lain siswa akan mengerjakannya, disislan model regulasi diri berubah menjadi model intrinsically motivated behavior yang dimana ia merasa bahwa ibadah merupakan akyivitas yang sangat berharga yang perlu dikerjakan. Kata kunci :Regulasi diri, Sikap spiritual

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Istiningsih, M.Pd,
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Regulasi diri, Sikap spiritual
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:44
Last Modified: 05 Jun 2020 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37770

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum