ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA 4 DAN TEMA 5 KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI KELAS V

Lailatul Munawwaroh, NIM: 17204081003 (2019) ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA 4 DAN TEMA 5 KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI KELAS V. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA 4 DAN TEMA 5 KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI KELAS V)
17204081003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU AJAR TEMATIK TEMA 4 DAN TEMA 5 KURIKULUM 2013 UNTUK SD/MI KELAS V)
17204081003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Buku ajar merupakan media pembelajaran yang berfungsi untuk mencapai tujuan pembelajaran, sehingga buku ajar merupakan salah satu aspek yang sangat penting dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini difokuskan pada analisis content atau analisis buku tematik tema 4 dan tema 5 kelas V kurikulum 2013 untuk SD/MI semester 1. Penelitian ini berfokus pada kelayakan materi atau relevansi isi buku tematik terhadap silabus, penilaian terhadap aspek organisasi isi, aspek kebahasaan dan aspek penyajian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis content. Subyek dalam penelitian ini adalah buku tematik kelas V tema 4 dan tema 5 berfokus pada kelayakan materi atau relevansi isi buku tematik terhadap silabus, penilaian terhadap aspek organisasi isi, aspek kebahasaan dan aspek penyajian. Hasil penelitian ini menunjukkan, bahwa relevansi indikator pencapaian kompetensi silabus kelas lima untuk materi pokok bahasa Indonesia terakmodasi 100%, semua terakomodasi dalam buku tematik tema 4 dan tema 5. Dan tidak terdapat indikator yang tidak terakomodasi. Beberapa indikator pencapaian kompetensi yang terakomodasi antara lain untuk indikator pencapaian kompetensi (IPK) pengetahuan yakni 3.6.1, 3.6.2, 3.7.1, 3.7.2, 3.7.3, 3.7.4, 3.7.5 dan 3.7.6 adapun untuk ketrampilan 4.6.1, 4.6.2, 4.7.1, 4.7.2 dan 4.7.3. Penilaian isi, dalam penilaian ranah isi jumlah skor tema 4 adalah 67, dan buku tema 5 adalah 71 dari skor totalnya adalah 84. Adapun didapatkan hasil presentase kualitas isi buku ajar tema 4: 79,76% dan buku tema 5: 84,52%. Adapun presentase keidealan materi berdasarkan xi respons siswa untuk buku tema 4 sebesar 46% dan buku tema 5 sebesar 76,7%. Dalam ranah penilaian penyajian dapat diketahui bahwa buku tema 4: 76,67% dan buku tema 5: 66,67%, dikategorikan dalam buku yang baik. Adapun presentase ketertarikan penyajian berdasarkan respons siswa untuk buku tema 4 dan buku tema 5 sebesar 79,3%. Penilaian kebahasaan, dalam ranah kebahasaan dapat diketahui bahwa buku tema 4 mempunyai skor 18,5 dan buku tema 5 mempunyai skor 20 dari skor total adalah 24. Hasil presentase kualitas bahasa buku ajar sebagai berikut: buku tema 4: 77% dan buku tema 5: 83,3%. Adapun presentase kebahasaan berdasarkan respons siswa untuk buku tema 4 dan buku tema 5 sebesar 76,7%. Kata Kunci : Analisis Buku, Organisasi Isi, Kebahasaan dan Penyajian.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugrahaeni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Analisis Buku, Organisasi Isi, Kebahasaan dan Penyajian.
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:50
Last Modified: 05 Jun 2020 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37778

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum