EVALUASI PROGRAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER SAINS DAN MATEMATIKA DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA

MIFTAHUL HUDALLOH, NIM: 17204080007 (2019) EVALUASI PROGRAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER SAINS DAN MATEMATIKA DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (EVALUASI PROGRAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER SAINS DAN MATEMATIKA DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA)
17204080007_ PRA BAB_BAB I_BAB V DAN DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EVALUASI PROGRAM KEGIATAN EKTRAKURIKULER SAINS DAN MATEMATIKA DI SD NU SLEMAN YOGYAKARTA)
17204080007_ BAB II_BAB III DAN BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kebijakan SD NU Sleman Yogyakarta dalam mengelola kegiatan ektrakurikuler sains dan matematika serta menguji kualitas program ektrakurikuler sains dan matematika dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Prosess, Product/Output). Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan model CIPP dengan sumber data penelitian adalah Kepada Sekolah, Wakil Bidang Kurikulum, Wakil Bidang Kesiswaan, Pembina Ektrakurikuler dan Siswa di SD NU Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini meliputi Data Reduction (Reduksi data), Data Display (Penyajian data), dan Conclusion Drawing/Verifikasi. Teknik Uji Keabsahan Data pada penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebijakan Kepala Sekolah SD NU Sleman Yogyakarta membentuk ektrakurikuler sains dan matematika sebagai tempat untuk menggali potensi anak di bidang sains dan matematika. Serta sebagai bentuk persiapan pihak sekolah terhadap kegiatan olimpiade yang rutin diadakan setiap tahun. Adapun kualitas program ektrakurikuler sains dan matematika menggunakan model CIPP menunjukkan bahwa: (1) Kualitas komponen context dinilai baik, karena memenuhi empat dari enam indikator pada komponen context. (2). Kualitas komponen input dinilai baik, karena memenuhi empat dari enam indikator pada komponen input. (3). Kualitas komponen process dinyatakan baik, karena memenuhi tiga dari enam indikator pada komponen process. (4). Kualitas komponen product/output dinyatakan cukup karena memenuhi dua dari empat indikator pada komponen product/output. Kata kunci: Evaluasi, CIPP, Ektrakurikuler, Sains, Matematika

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sukiman, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Evaluasi, CIPP, Ektrakurikuler, Sains, Matematika
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 05 Jun 2020 13:51
Last Modified: 05 Jun 2020 13:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37779

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum