PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA

AKHMAD NASRUDIN - NIM. 05420029, (2010) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR'AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) LUQMAN AL-HAKIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Tinjauan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab))
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (976kB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MEMBACA AL QUR'AN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU (SDIT) LUQMAN AL HAKIM YOGYAKARTA (Tinjauan Metodologi Pembelajaran Bahasa Arab))
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ditemukannya fenomena pada siswa kelas IV SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta bahwasanya mereka dalam pelaksanaan program pengajaran membaca al Qur'an belum maksimal ( bacaannya kurang fasih, lancar, dan baik). Ini dapat dibuktikan dengan adanya beberapa anak yang bacaannya masih menggunakan jilid 2 sampai jilid 5. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pengajaran membaca al Qur'an dan mengetahui problem atau kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pelaksanaan pengajaran membaca al Qur'an di SDIT Luqman al Hakim Yogyakarta ditinjau dari metodologi pengajaran bahasa Arab. Di tinjau dari jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sedangkan ditinjau dari jenis datanya termasuk penelitian kualitatif diskriptif. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan baru pada semua pihak yang berkecimpung dalam pengajaran membaca al qur'an khususnya SDIT Luqman Al Hakim sebagai tempat dilaksanakannya penelitian ini. Ditinjau dari jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan. Sedangkan ditinjau dari jenis datanya termasuk penelitian kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis data menggunakan metode induktif dengan teknik analisis diskriptif yaitu mendeskripsikan dan menganalisa data dengan kata-kata / kalimat yang dipisahpisahkan menurut kategori agar diperoleh suatu kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa proses pembelajaran membaca al Qur'an kelas VI SDIT Luqman Al Hakim Yogyakarta menggunakan buku ummi yang diterbitkan oleh UMMI Foundation Surabaya. Dalam proses pembelajaran tersebut, problem yang dihadapi yaitu: (a) Anak didik (siswa). Problem anak didik (siswa) terdiri dari: 1) Sakit dan tidak masuk sekolah, 2) Motivasi siswa yang rendah. 3) Faktor latar belakang (asal) siswa yang berbeda-beda. (b) Tenaga pendidik (guru) Problem dari tenaga pendidik (guru) adalah sebagai berikut: Kompetensi guru, perbandingan guru dengan siswa yang tidak seimbang, dan guru kurang perhatian terhadap siswa. (c) Sempitnya waktu yang diberikan untuk proses pembelajaran membaca al Qur'an (hanya 30 menit) dan jam pelajarannya tidak menentu. (d) Problem utama dari metode pengajaran (Ummi; klasikal baca simak murni) adalah ketika satu orang (siswa) membaca, yang lain tidak ikut menyimak. Beberapa solusi yang ditawarkan anatara lain, hendaknya ada kegiatan yang meransang siswa untuk lebih bersemangat mengikuti pembelajaran membaca al qur'an, guru hendaknya lebih fariatif dan inovatif dalam mendidik siswanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: H Tulus Musthofa Lc. MA,
Uncontrolled Keywords: pengajaran membaca al Qur'an, metodologi pengajaran bahasa Arab, SDIT Luqman al Hakim
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 01 Oct 2013 03:55
Last Modified: 04 Apr 2017 03:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3779

Actions (login required)

View Item View Item