PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B3 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL

Gyasya Pitaloka, NIM. 15430004 (2019) PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B3 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B3 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL)
15430004_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA UNTUK MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B3 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN, BANTUL)
15430004_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Kesulitan belajar dapat menghinggapi seseorang. Kesulitan belajar ini dapat mempengaruhi banyak aspek kehidupan salah satunya adalah di sekolah. kesulitan belajar ini mengambat proses belajar, sehingga tentu saja pada gilirannya juga akan berdampak pada aspek lain dari kehidupan anak. Salah satu kesulitan belajar anak adalah tidak berkonsentasi terhadap pembelajaran. Setiap anak memiliki tingkat fokus dan konsentrasi yang berbeda. Ada anak yang bisa dengan mudah berkonsentrasi, namun ada pula anak yang kesulitan untuk berkonsentrasi. Begitu pula dengan anak pada kelompok B3 di TK IT Salsabila Al Muthi’in yang kurang berkonsentrasi selama pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk (1) mengetahui seberapa besar tingkat konsentrasi belajar anak di kelompok B3 TK IT Salsabila Al- Muthi’in, (2) mengetahui bagaimana penerapan metode bercerita dalam meningkatkan konsentrasi belajar anak di kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in, dan (3) mengetahui seberapa besar peningkatan konsentrasi belajar anak di kelompok B3 TK IT Salsabila Al-Muthi’in. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, satu siklus terdiri dari tiga kali pertemuan. Penelitian meliputi: perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelompok B3, dan juga guru kelas. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan pada penelitian ini adalah triangulasi sumber. Indikator keberhasilan yang ditetapkan yaitu minmal 75% dari 19 anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) sebelum dilakukannya tindakan terdapat 15,78% atau tiga anak yang mendapatkan skor 3 dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), (2) pelaksanaan metode bercerita untuk meningkatkan konsentrasi belajar anak dilakukan sebanyak 2 siklus yang mana pada setiap siklus terdapat tiga kali pertemuan, (3) pada pelaksanaan siklus 1 terdapat 47,38% anak mencapai standar keberhasilan atau skor 3 dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan pada hasil akhir siklus 2 menunjukkan peningkatan yaitu terdapat 89,49% atau 17 anak yang terbagi menjadi 57,91% atau 11 anak dengan kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan 31,58% atau 6 anak dengan kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Konsentrasi belajar, metode bercerita
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jan 2020 09:34
Last Modified: 28 Jan 2020 09:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37791

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum