INDUSTRIALISASI PEDESAAN DAN DAMPAK KEBERADAAN PLTU TANJUNG JATI B TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TUBANAN, KECAMATAN KEMBANG, KABUPATEN JEPARA

Annisah Mulyaning Zulfasari, NIM. 15720020 (2019) INDUSTRIALISASI PEDESAAN DAN DAMPAK KEBERADAAN PLTU TANJUNG JATI B TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TUBANAN, KECAMATAN KEMBANG, KABUPATEN JEPARA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INDUSTRIALISASI PEDESAAN DAN DAMPAK KEBERADAAN PLTU TANJUNG JATI B TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TUBANAN, KECAMATAN KEMBANG, KABUPATEN JEPARA)
15720020 _BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (INDUSTRIALISASI PEDESAAN DAN DAMPAK KEBERADAAN PLTU TANJUNG JATI B TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI MASYARAKAT DESA TUBANAN, KECAMATAN KEMBANG, KABUPATEN JEPARA)
15720020 _BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Keberadaan Industrialisasi di Indonesia merupakan upaya untuk menggalakkan pembangunan melalui pertumbuhan ekonomi. Pembangunan sebagai wujud industrialisasi saat ini banyak dilakukan di pedesaan. Industrialisasi di pedesaan menyebabkan terjadinya perubahan secara bertahap. Perubahan tersebut dapat berupa fisik dan non fisik dalam aspek sosial dan ekonomi. Kondisi tersebut dialami oleh Desa Tubanan yang merupakan desa yang mengalami industrialisasi akibat keberdaan PLTU Tanjung Jati B. Keberadaan PLTU di Desa Tubanan menyebabkan terjadinya perubahan sosial dan ekonomi masyarakat. Perubahan yang terjadi pada masyarakat tentu memiliki dampak positif dan negatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses industrialisasi dari PLTU Tanjung Jati B di Desa Tubanan dan dampak yang dialami oleh masyarakat Desa Tubanan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pembangunan modernisasi yang digagas oleh W.W. Rostow yang dikenal dengan lima tahap pembangunan ekonomi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. pengumpulan data melalui metode observasi dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan memilih data yang penting, kemudian menyajikan data dan langkah selanjutnya adalah menarik kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini adalah kondisi sosial dan ekonomi masyarakat sebelum adanya PLTU masih bergantung pada sumber daya alam, produktivitas rendah, dan masyarakat masih tradisional. Setelah berdiri dan beroperasinya PLTU Tanjung Jati B kondisi sosial dan ekonomi masyarakat mengalami perubahan menjadi desa yang modern, perekonomian masyarakat meningkat, infrastruktur mulai digalakkan, dan teknologi mengalami kemajuan. Dampak positif dari perubahan tersebut adalah meningkatkan perekonomian masyarakat, membuka peluang kerja, memberdayakan sumber daya manusia, dan modernisasi. Dampak negatifnya polusi udara meningkat yang berdampak pada kesehatan masyarakat, kehadiran para pendatang juga memberikan pengaruh negatif pada masyarakat pribumi, dan masyarakat merasa kurang aman. Manfaat penelitian ini secara teoritis dapat menambah pengetahuan mengenai Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, dan mengenai industrialisasi pedesaan. Secara praktis, penelitian ini dapat memberikan kontribusi pemikiran mengenai dampak yang terjadi pada masyarakat sehingga dapat menjadi bahan masukan kepada pemerintah untuk evaluasi. Kata Kunci : Industrialisasi, PLTU, Perubahan Masyarakat

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sulistyaningsih, S.Sos., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Industrialisasi, PLTU, Perubahan Masyarakat
Subjects: Ekonomi Masyarakat
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 08 Jun 2020 20:00
Last Modified: 08 Jun 2020 20:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37795

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum