IMPLEMENTASI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM PEMBIASAAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN

RADEN RORO FASHIHAH FUROIDAH, NIM. 15430008 (2019) IMPLEMENTASI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM PEMBIASAAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM PEMBIASAAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN)
15430008_BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE SUKU KATA (SYLLABIC METHOD) DALAM PEMBIASAAN MEMBACA AWAL ANAK USIA DINI DI KELOMPOK B1 TK IT SALSABILA AL-MUTHI’IN BANGUNTAPAN)
15430005_BAB II_ III_ IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi, dalam mengikuti proses belajar di Sekolah Dasar siswa membutuhkan kemampuan membaca, sehingga banyak Sekolah Dasar yang mengajukan persyaratan tes membaca dalam penerimaan siswa baru. Adanya pergeseran tanggung jawab ini menyebabkan harus adanya pengenalan membaca awal pada anak usia dini namun menggunakan metode yang masih aman bagi anak usia dini yaitu dengan tanpa paksaan yang dapat menyebabkan anak usia dini menjadi tertekan dan terbebani. Di Kelompok B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in Baguntapan ini mengenalkan membaca awal pada anak menggunakan metode suku kata (syllabic method) dengan tujuan sebagai pembiasaan membaca awal bagi anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian yaitu Ibu Santi dan Ibu Tina selaku guru kelas B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in dan 22 anak kelas B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in. Pengumpulan data diperoleh dari hasil observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, display data dan kesimpulan. Dan uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan : (1) Dalam mengimplentasikan metode suku kata (syllabic method) dalam pembiasaan membaca pada kelompok B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in guru melakukanya dengan melalui dua tahap yaitu perencanaan dan pelaksanaan. Pada tahap perencanaan guru bertugas menyiapkan kartu prestasi siswa, buku Anak Islam Suka Membaca (AISM), dan buku cerita. Lalu pada tahap pelaksanaannya guru bertugas menyiapkan dan menata kartu prestasi siswa, setelah itu anak mengantri untuk membaca, lalu guru membimbing anak dalam pembiasaan membaca awal dengan metode suku kata. (2) Faktor pendukung dan penghambat implentasi metode suku kata (syllabic method) dalam pembiasaan membaca pada kelompok B1 TK IT Salsabila Al-Muthi’in. Faktor pendukung yang pertama, waktu pelaksanaan tidak menganggu proses pembelajaran, ke-dua guru merasa terbantu saat proses pembelajaran berlansung, ke-tiga dukungan dari wali murid, ke-empat buku AISM dan cerita yang sudah tersedia, ke-lima anak yang bersemangat dan tidak merasa keberatan untuk membaca. Faktor penghambatnya adalah wali murid yang meminta anak harus bisa membaca dan anak yang datang terlambat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Implementasi, Pembiasaan Membaca Awal, Metode Suku Kata (Syllabic Method).
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jan 2020 10:30
Last Modified: 28 Jan 2020 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37798

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum