PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI KELAS A TK AL FATIHAH YOGYAKARTA

CAHYANI RAHMATUN NISA 15430016, NIM. 15430016 (2019) PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI KELAS A TK AL FATIHAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI KELAS A TK AL FATIHAH YOGYAKARTA)
15430016_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE BERCERITA DENGAN MEDIA BONEKA WAYANG UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA RESEPTIF ANAK DI KELAS A TK AL FATIHAH YOGYAKARTA)
15430016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan bahasa reseptif anak sebelum diterapkan media boneka wayang dalam bercerita di kelas A TK Al Fatihah Yogyakarta, 2) untuk mendeskripsikan penerapan metode bercerita dengan media boneka wayang dalam meningkatkan bahasa reseptif anak di kelas A TK Al Fatihah Yogyakarta, 3) mengetahui peningkatan perkembangan kemampuan bahasa reseptif anak setelah menggunakan media boneka wayang dalam bercerita di kelas A TK Al Fatihah Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model John Elliot yang digunakan secara kolaborasi dengan guru kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelas A TK Al Fatihah Yogyakarta. Sedangkan metode pengumpulannya berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif persen dan kualitatif untuk menerangkan kegiatan. Hasil dari penelitian diantaranya: 1) persentase sebelum adanya tindakan perkembangan kemampuan bahasa reseptif anak secara keseluruhan hanya 25% dari jumlah siswa 8 anak. 2) Penerapan metode bercerita dengan media boneka wayang di kelas A TK Al Fatihah Yogyakarta terbukti dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak. Anak-anak terlihat antusias untuk menyimak cerita yang disampaikan, antusiastersebut terlihat pda setiap pertemuan. Kemampuan bahasa reseptif berhasil meningkat dari kategori mulai berkembang pada pratindakan menjadi kategori berkembang sesuai harapan pada siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut dapat dilihat pada masing-masing aspek pengamatan pelaksanaan metode bercerita dan indikator kemampuan bahasa reseptif. 3) peningkatan kemampuan bahasa reseptif anak dapat dilihat dengan adanya perubahan pada setiap kegiatan. Pada saat kegiatan sebelum tindakan kemampuan bahasa reseptif anak sebesar 25%. Pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 50%. Kemudian pada siklus II kemampuan bahasa reseptif anak mengalami peningkatan lagi menjadi 87,5%. Peningkatan itu terjadi karena sebelumnya pada siklus I masih terdapat anak-anak yang bermain sendiri atau tidak menyimak karena duduknya saling berdampingan dan kurangnya penghayatan dari peneliti. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan metode bercerita dengan media boneka wayang dapat meningkatkan kemampuan bahasa reseptif anak kelas A di TK Al Fatihah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Siti Zubaedah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Bercerita, Boneka Wayang, Reseptif
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 08:31
Last Modified: 29 Jan 2020 08:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37826

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum