FENOMENA STUDI ISLAM DI UIN: Studi Terhadap Judul-judul Skripsi di Fakultas Ushuluddin Jurusan Aqidah dan Filsafat UIN Sunan Kalijaga

lwan Khalwani, NIM. 00510401 (2006) FENOMENA STUDI ISLAM DI UIN: Studi Terhadap Judul-judul Skripsi di Fakultas Ushuluddin Jurusan Aqidah dan Filsafat UIN Sunan Kalijaga. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (FENOMENA STUDI ISLAM DI UIN: Studi Terhadap Judul-judul Skripsi di Fakultas Ushuluddin Jurusan Aqidah dan Filsafat UIN Sunan Kalijaga)
00510401__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (FENOMENA STUDI ISLAM DI UIN: Studi Terhadap Judul-judul Skripsi di Fakultas Ushuluddin Jurusan Aqidah dan Filsafat UIN Sunan Kalijaga)
00510401__BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Skripsi ini merupak:an upaya ilmiah dan ak:ademis untuk memahami Fenomena Studi Islam dalam bidang pengembangan gagasan yang mengantarkan kepada perwujudan nilai-nilai yang lebih Islami. Upaya membedah fenomena Studi Islam ini dijembatani melalui analisis terhadap Judul-judul skripsi, dengan menganalisis judul-judul skripsi diharapkan dapat diketahui sejauh mana perkembangan studi Islam, kajian ini di kenal dalam bidang kajian sejarah agamaagama, secara praktis studi Islam tidak bisa menjadi pandangan yang benar-benar hidup yang memberi motivasi dalam kehidupan konkrit mahasiswa. Sebab, penyusunan skripsi didasarkan atas kesadaran murni dan nilai-nilai ilmiah, sehingga terjadi keterpecahan (split) antara keimanan teoritis dan keimanan prak:sis dalam diri intelektual muslim, yang pada gilirannya melahirkan sikapsikap moral ganda yang menjadikan studi Islam yang dilakukan diwarnai oleh sikap tersebut. Dalam memandang persoalan, studi Islam yang dilak:ukan dalam lingkup ushuluddin khususnya aqidah dan filsafat cenderung bertitik tolak: dari sudut pengungkapan masalah dan sering pula diselipi pemecahannya sekaligus. Karena dalam studi Islam kehidupan adalah rangkaian dari berbagai masalah yang harus diselesaikan, dimana sebelumnya harus diungkapkan terlebih dahulu agar diketahui letak: persoalannya, khususnya persoalan-persoalan yang berhubungan dengan aspek yang menjadi pusat kajian (core) yaitu kalam, tasawwuf dan filsafat. Bentuk studi Islam yang dicita-citak:an kalau mengacu pada berbagai skripsi adalah studi yang mendukung penegak:an nilai-nilai pengetahuan ilmiah dengan lebih menghargai sebuah kritik sebagai hal yang dapat mendorong kemajuan, lebih jauh agar dapat memahami apa itu studi Islam, dalam hal ini penulis menggunakan pendekatan filosofis. Sehingga kunci yang selau melekat pada gagasan studi Islam adalah keterbukaan, kebebasan dan kreatifitas. Judul-judul skripsi yang menjadi topangan penting dalam skripsi ini adalah upaya mengimplementasikan sikap dan tindak:an yang sesuai dengan aspek-aspek pengetahuan dalam lingkup kajian yang ada, mak:a dalam konteks ini hams ada upaya mengembangkan cita-cita Studi Islam sebagai sebuah langkah menuju kehidupan beragama yang demokratis. Kata Kunci: Studi Islam, Judul Skripsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Abdul Basir Solissa, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Studi Islam, Judul Skripsi.
Subjects: Aqidah Filsafat
UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta > Aqidah Filsafat
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Aqidah Filsafat (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 12 Jun 2020 09:38
Last Modified: 12 Jun 2020 09:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37835

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum