PENGENALAN BAHASA ARAB MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PDHI JOGORAGAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009

AMRIE POERBHA YOGYA SAYEKTIE - NIM. 05420054, (2010) PENGENALAN BAHASA ARAB MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PDHI JOGORAGAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGENALAN BAHASA ARAB MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PDHI JOGORAGAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGENALAN BAHASA ARAB MELALUI METODE GERAK DAN LAGU DI TAMAN KANAK-KANAK ISLAM PDHI JOGORAGAN BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2008/2009 )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Metode Gerak dan Lagu Sebagai Pembelajaran Bahasa Arab Pada anak-anak TK, yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, manfaat, metode-metode, media, evaluasi serta kekurangan dan kelebihan gerak dan lagu sebagai metode dalam pembelajaran bahasa Arab. Hasil penelitian ini diharapkan akan menjadi karya tulis ilmiah yang mampu memperkaya wawasan tentang metode gerak dan lagu pada anak-anak TK dalam pembelajaran bahasa Arab khususnya dan pembelajaran pada umumnya. Penelitian lapangan (Field research) ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang TK Islam PDHI Jogoragan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Pegumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode. Metode observasi, metode wawancara, metode dokumentasi dengan sumber data guru-guru TK Islam PDHI Jogoragan Banguntapan Bantul Yogyakarta. Adapun pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Perencanaan yang dilakukan dalam pembelajaran bahasa Arab sangat sederhana yaitu : memilih gerak dan lagu yang gerak dan lagu tersebut sudah dikuasai oleh salah satu guru TK Islam PDHI, kemudian guru tersebut melatih guru-guru yang lain dengan gerak dan lagu yang dikuasai. Adapun tujuan pembelajaran bahasa Arab di TK Islam PDHI adalah bersifat pengenalan dan membentuk pengertian. 2) Proses pembelajaran bahasa Arab di TK Islam PDHI belum dimasukan ke dalam kegiatan inti, melainkan pada kegiatan belajar tambahan dengan langkah-langkah tertentu dalam rangka mencapai tujuan yang telah ada. 3) evaluasi dilaksanakan dengan cara: pengamatan, pencatatan anekdot, dan portofolio. Kelebihan dari metode gerak dan lagu antara lain : memberikan suasana senang, membantu menguatkan daya ingat anak, dengan gerak anak mengekspresikan perasaannya, menghilangakan kebosanan. Sedangakan kekurangan dari metode gerak dan lagu dapat di lihat dari dua segi, segi linguistik dan segi non lingustik. Segi lingusitik antara lain : anak-anak merasa asing dengan bahasa Arab, perbedaan tulisan, dan perbedaan atau persamaan bunyi huruf Arab. Segi non linguistik antara lain: anak-anak berlebihan dalam bergerak, belum ada guru khusus bahasa Arab, kurikulum yang belum baku, kuragnya referensi lagu bahasa Arab, dan tidak semua anak mau maju ke depan. Melihat begitu besarnya manfaat gerak dan lagu dalam pembelajaran, maka hendaknya guru lebih kreatif untuk meningkatkan kualitas diri, sehingga dalam mengajar tidak hanya menggunakan satu metode saja, sehingga pembelajaran bahasa Arab akan menyenangkan anak-anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. H. Ahmad Janan Asyifudin, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Gerak dan Lagu, Pembelajaran Bahasa Arab Pada anak-anak TK
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 26 Sep 2013 01:37
Last Modified: 04 Apr 2017 03:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3784

Actions (login required)

View Item View Item