PENERAPAN MEDIA PASIR KINETIK DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A Purple TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA

Yulia Nur Halimah, NIM. 15430040 (2019) PENERAPAN MEDIA PASIR KINETIK DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A Purple TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA PASIR KINETIK DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A Purple TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA)
15430040_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA PASIR KINETIK DALAM MENGEMBANGKAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA DINI KELOMPOK A Purple TK CERIA TIMOHO YOGYAKARTA)
15430040_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan media pasir kinetik yang diterapkan oleh TK Ceria Timoho dalam mengembangkan motorik halus dengan kegiatan yang menarik bagi anak untuk mengoptimalkan perkembangan motorik halus anak, karena perkembangan motorik bagi anak sangatlah penting dan dibutuhkan. Motorik halus merupakan aspek perkembangan yang sangat penting dan membutuhkan stimulus yang baik agar berkembang dengan baik dan optimal sesuai tahap perkembangannya. Kegiatan menggunakan media pasir kinetik adalah kegiatan yang menyenangkan di lingkungan PAUD. Kegiatan ini juga bermanfaat bagi anak, salah satunya yaitu mengasah kemampuan fisik motorik anak serta mengasah imajinasi dan kreativitas anak. Di TK Ceria Timoho ini perkembangan motorik halus menggunakan pasir kinetik dengan tujuan mengembangkan motorik halus anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian dengan deskriptif lokasi TK Ceria Timoho Yogyakarta. Dalam pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan analisis reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Pengumpulan data diperoleh dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media pasir kinetik dalam mengembangkan motorik halus anak diterapkan melalui kegiatan seperti meremas, roleplay, mencetak, kolase, dan membentuk. Dengan kegiatan meremas, membentuk, mencetak, roleplay, dan kolase perkembangan motorik halus anak mengalami perkembangan yang berkembang sesuai dengan perkembangannya. Hal ini dapat dilihat dari catatan perkembangan yang mengalami peningkatan. Dimana dari 12 anak 7 anak BSH dan 5 anak MB dikarenakan anak senang bermain dengan media pasir kinetik. Faktor pendukung yang membantu terlaksananya kegiatan dengan media pasir kinetik dalam mengembangkan motorik halus anak yaitu sarana prasarana dan antusias anak. Adapun faktor penghambatnya yaitu fokus anak yang terbagi-bagi, kondisi anak atau mood anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Media Pasir Kinetik, Motorik Halus
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 10:49
Last Modified: 29 Jan 2020 10:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37844

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum