PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELAS B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

MIFTAKHUL HIDAYATI, NIM. 15430046 (2019) PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELAS B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELAS B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15430046_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (37MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN MEMBACA, MENULIS DAN BERHITUNG (CALISTUNG) UNTUK PENGEMBANGAN KOGNITIF ANAK USIA DINI DI KELAS B TK ISLAM PLUS MUTIARA BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
15430046_BAB 2_S.D_SEBELUM_BAB_TEAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (37MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang Peran Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung (calistung) untuk Pengembangan Kognitif Anak Usia Dini, faktor pendukung dan penghambat serta hasil yang telah dicapai pada anak. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai tambahan wawasan dan informasi bagi para pendidik dalam memerankan pembelajaran yang berkaitan dengan calistung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan pasif, wawancara yang mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian ditarik kesimpulan. pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianglasi sumber data dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Peran guru dalam menerapkan pembelajaran calistung untuk pengembangan kognitif anak yaitu proses kegiatan belajar mengajar yang dilakukan setiap hari dalam pembelajaran untuk membantu anak dalam melakukan kegiatan membaca, menulis dan berhitung dengan bermain. Pelaksanaan pembelajaran calistung tidak lepas dari bagaimana peran guru dalam memberikan pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan pada masing-masing anak. Karena guru disini sebagai pendidik, fasilitator dan evaluator. (2) Faktor Pendukung yang dapat Mempengaruhi Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung pada Anak sangat beragam macamnya. Baik dari faktor internal maupun faktor eksternal. Faktor internal dapat dilihat dari kemampuan guru dalam mengajar, kesiapan peserta didik, sarana dan prasarana. Sedangkan faktor eksternal dapat dilihat dari peran orangtua kepada anak, dukungan dari keluarga sekitar, dukungan dari lingkungan sekolah dan memiliki kerja sama antara guru, anak dan orangtua. (3) Faktor Penghambat yang dapat Mempengaruhi Pembelajaran Membaca, Menulis dan Berhitung yaitu pentingnya suatu pembelajaran yang efektif dan kondusif ketika proses belajar mengajar itu sangat dibutuhkan bagi guru maupun anak-anak itu sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Kardimin,
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pembelajaran calistung, Perkembangan Kognitif, Anak
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 11:00
Last Modified: 29 Jan 2020 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37845

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum