DAMPAK PEMBANGUNAN FISIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SAPEN (Studi Kasus Relokasi Hunian Rumah di Duson Sapen Desa, Catur Tunggal, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta)

SITI RAHMIKOH, NIM. 00540188 (2007) DAMPAK PEMBANGUNAN FISIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SAPEN (Studi Kasus Relokasi Hunian Rumah di Duson Sapen Desa, Catur Tunggal, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DAMPAK PEMBANGUNaN FISIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SAPEN (Studi Kasus Relokasi Hunian Rumah di Duson Sapen Desa, Catur Tunggal, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Propinsi DIY))
00540188__BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (DAMPAK PEMBANGUNaN FISIK UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PERUBAHAN SOSIAL MASYARAKAT SAPEN (Studi Kasus Relokasi Hunian Rumah di Duson Sapen Desa, Catur Tunggal, Kecamatan Depok Kabupaten Sleman Propinsi DIY))
00540188__BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Meningkatnya pembangunan di Indonesia merupakan fenomcna menarik yang perlu diteliti. Pembangunan kampus erat kaitannya dengan perkembangan pembangunan. Pembangunan tersebut dapat dimengerti sebagai proses perencanaan sosial (social plan) yang dilakukan oleh birokrat perencana pembangunan untuk membuat perubahan sosial yang akhirnya dapat mendatangkan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat sekitarnya. Penelitian ini mengulas tentang proses pembangunan Kampus UIN dan dampak pembangunan UJN terhadap perubahan sosial masyarakat penghuni rumah dinas dan masyarakat sekitar. Ketertarikan peneliti terhadap pembangunan setidaknya memil iki beberapa alasan, pertama, berbagai macam bentuk pembangunan terutama pembangunan fisik, tidak pemah luput dari kebutuhan laban/tanah. Perluasan lahan/tanab itu biasanya mengakibatkan terjadinya penggusuran. Kedua ada nya penggu uran tersebut memunculkan berbagai konflik dan perubahan sosial terhadap masyarakat. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologis. Pendekatan ini digunakan untuk memahami Jatar belakang pembangunan UJN dan berbagai persoalan yang muncul akibat pembangunan UIN serta penyelesaiannya. Metode yang digunakan adalah observasi interview dan dokumentasi. Selanj utnya untuk menganalisis, data yang terkumpul kem udian disusun secara kronologis dan dipelajari menurut urutannya, direduksi dan dikategorisasiknn. Selanjutnya dihubungkan satu dengan yang lainnya secara menyeluruh dan integral sehingga diperoleh suatu gambaran secara umum dari kasus yang diteliti. Data-data tersebut diperoleh dari berbagai jurnal dan laporan pertanggungjawaban Rektor, interview dengan informan baik dosen, karyawan, rektor juga dari pengamatan langsung peneliti. Setelah melakukan penelitian, ditemukan : Pertama, dalam proses pembangunan kampus UIN Sunan Kalijaga terdapat persoalan internal dan kstemal. Persoalan internal antara lain pemikiran bentuk bangunan, dana embangunan, pesangon/biaya kepindahan penghuni rumah dinas dan penghapusan barang inventaris kekayaan negara. Persoalan eksternal antara lain : pengadaan tanah, persertipikatan tanah dan Pengosongan Tanah Kas Desa, Tepian, Talud, dan Sultan Ground. Kedua, Pro-Kontra menuju UIN Sunan Kalijaga pada petinggi IA1N baik ditingkat Fakultas maupun lnstitut. Dengan argumentasi mereka masing-masing yang sama-sama rasional sebagian kalangan mendukung dan sebagian lagi menentang. Ketiga, konflik sosial terhadap Gajah Wong yang penanganannya dilakukan oleh Pemda Kabupaten Sleman dan pihak UTN yang diserahkan oleh PPM. Lahimya konllik sosiul tcrschut dilatarhclakangi ok:h ndanya kccurigaan war1~a hahwaada 'permainan' dibalik pros9s pcmbcbasan tanuh yang dijulankan st:caru tidak transparan. Juga dilatarbelakangi oleh perbedaan konsep ganti rugi. Kata Kunci: social plan, UIN Sunan Kalijaga

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Nafilah Abdullah, M.Ag. Nurus Sa'adah, S.Psi., M.Si., Psi.
Uncontrolled Keywords: social plan, UIN Sunan Kalijaga
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:09
Last Modified: 03 Feb 2020 09:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum