IMPLEMENTASI PEMBIASAAN DISIPLIN SHOLAT DHUHA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A2 TK BAIK (BINA ANAK ISLAM KRAPYAK) PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL D.I.Y

ERNAVITA, NIM. 15430048 (2019) IMPLEMENTASI PEMBIASAAN DISIPLIN SHOLAT DHUHA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A2 TK BAIK (BINA ANAK ISLAM KRAPYAK) PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL D.I.Y. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PEMBIASAAN DISIPLIN SHOLAT DHUHA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A2 TK BAIK (BINA ANAK ISLAM KRAPYAK) PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL D.I.Y)
15430048_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PEMBIASAAN DISIPLIN SHOLAT DHUHA PADA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK A2 TK BAIK (BINA ANAK ISLAM KRAPYAK) PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL D.I.Y)
15430048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Pembiasaan disiplin sholat dhuha pada anak usia dini di butuhkan stimulus yang tepat. Mengenai disiplin sholat dhuha pada anak usia dini adalah sangat penting agar peserta didik dapat melaksanakan kegiatan sholat dhuha dengan baik. Perlu diketahui kembali bahwa melalui pembiasaan yang secara berulang-ulang dilakukan oleh peserta didik dalam melatih pembiasaan kegiatan beribadah peserta didik maka peserta didik akan terlatih. Salah satu penerapan yang dapat ditingkatkan melalui pembiasaan disiplin yaitu kegiatan sholat dhuha. Peneliti ini bertujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan pembiasaan disiplin sholat dhuha di kelompok A2 di TK BAIK (Bina Anak Islam Krapyak) untuk meningkatkan nilai moral pada anak usia dini di TK BAIK (Bina Anak Islam Krapyak) serta yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam Implementasi pembiasaan disiplin sholat dhuha pada anak usia dini di kelompok A2 TK BAIK. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan diambil latar di kelompok A2 TK BAIK (Bina Anak Islam Krapyak) Teknik Analisis data digunakan adalah analisis data kualitatif, dengan memberi makna pada data yang telah dikumpulkan dan kemudian ditarik kesimpulan. Selanjutnya untuk pemeriksaan pengecekan keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan:1).Implementasi pembiasaan disiplin sholat dhuha yang dilaksankan di TK BAIK (Bina Anak Islam Krapyak) sudah menujukkan nilai yang cukup baik pada ukuran anak usia dini dengan menerapkan beberapa metode yang dilakukan yaitu: a) keteladanan. b).Nasehat. c). Pengawasan. d). Reward. 2). Faktor pendukung dan Penghambat pembiasaan disiplin sholat dhuha pada anak usia dini. Faktor pendukung antara lain: kesadaran peserta didik dalam melaksanakan disiplin sholat dhuha, kesadaran peserta didik ketika mengikuti proses sholat dhuha, keteladanan dari pendidik, keaktifan pendidik untuk memberikan nasehat, motivasi pendidik kepada peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai, keterlibatan orang tua dalam keberhasilan penanaman pembiasaan disiplin sholat dhuha. Faktor penghambat yang ditemukan di dalam penelitian ini yaitu: orang tua / wali yang belum membiasakan sholat dhuha di rumah secara rutin atau kadangkadang, orang tua di rumah tidak memaksa peserta didik untuk selalau rajin sholat dhuha di rumah artinya di rumah peserta didik menjalankan ibadah sholat masih sesuka hati anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hafidh „Aziz S.Pd.I.,M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Pembiasaan Disiplin Sholat Dhuha, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 13:47
Last Modified: 29 Jan 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37850

Actions (login required)

View Item View Item