PENERAPAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI SEDERHANA DI KELOMPOK BERMAIN KELAS B IT MEKAR INSANI YOGYAKARTA

Tri Wulandari, NIM. 15430049 (2019) PENERAPAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI SEDERHANA DI KELOMPOK BERMAIN KELAS B IT MEKAR INSANI YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI SEDERHANA DI KELOMPOK BERMAIN KELAS B IT MEKAR INSANI YOGYAKARTA)
15430049_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PERMAINAN TANGRAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BENTUK-BENTUK GEOMETRI SEDERHANA DI KELOMPOK BERMAIN KELAS B IT MEKAR INSANI YOGYAKARTA)
15430049_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (8MB)

Abstract

Yang melatar belakangi penelitian ini adalah kurangnya anak di KB IT Mekar Insani dalam mengenal bentuk-bentuk geometri sederhana. Masih ada beberapa anak tidak dapat menyebutkan nama dan bentuk-bentuk geometri sederhana. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang peran penerapan permainan tangram untuk meningkatkan kognitif anak; faktor yang mempengaruhi serta hasil yang telah di capai. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi partisipan pasif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi data, penyajian data dan mengkatagorikannya kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan permaian tangram mampu meningkatkan kognitif anak dalam mengenal bentuk-bentuk geometri sederhana. penerapan permaian tangram dilakukan melalui pembelajaran yang sesuai RPPH yang ada, penerapannya yaitu melalui perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. (2) hasil dari penerapan permainan tangram mampu meningkatkan kognitif anak terbukti dari meningkatnya jumlah anak yag dapat menyebutkan nama, warna dan jumlah bentuk-bentuk geometri sederhana. (3) faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan permaian tangram. Pendukung dalam penerapan yaitu guru yang berkompeten mengajar dan membimbing anak, guru pendamping yang selalu membantu berjalannya pembelajaran. Penghambat dalam penerapan ini yaitu anak yang merasa jenuh dalam belajar, ada anak yang belum terlalu lancar berbicara dan minat belajar yang masih kurang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Lailatu Rohmah, M.S.I.
Uncontrolled Keywords: Permainan Tangram, Bentuk-Bentuk Geometri, Kognitif
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 13:55
Last Modified: 29 Jan 2020 13:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37851

Actions (login required)

View Item View Item