IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENUMBUHKAN TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DI TK OMAH DOLANAN YWKA (YAYASAN WANITA KERETA API) YOGYAKARTA

ESTI SUMAROH, NIM. 15430056 (2019) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENUMBUHKAN TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DI TK OMAH DOLANAN YWKA (YAYASAN WANITA KERETA API) YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENUMBUHKAN TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DI TK OMAH DOLANAN YWKA (YAYASAN WANITA KERETA API) YOGYAKARTA)
15430056_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (17MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL UNTUK MENUMBUHKAN TOLERANSI BERAGAMA PADA ANAK USIA 6-7 TAHUN DI TK OMAH DOLANAN YWKA (YAYASAN WANITA KERETA API) YOGYAKARTA)
15430056_BAB-II_SAMPAI_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah adanya anak yang saling mengejek mengenai perbedaan agama dan jenis kulit. Hal ini sangat menarik untuk diteliti kaitannya dalam penelitian ini yaitu bagaimana pelaksanaan pendidikan multikultural dan cara menanamkan sikap toleransi beragama yang diterapkan dan dilaksanakan ditengah-tengah anak usia dini, Sementara anak dalam proses pertumbuhan dan perkembangan dengan kondisi yang belum begitu sempurna untuk memahami makna pendidikan multikultural itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pendidikan multikultural di dalam kelas. untuk mengetahui penanaman sikap toleransi bergama di luar kelas. untuk mengetahui sikap toleransi beragama pada anak usia 6-7 tahun di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, peserta didik di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta. data yang dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis Data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data dengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil peneliti menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan pendidikan multikultural di dalam kelas B Anak usia 6-7 tahun di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta yaitu kegiatan yang mengenalkan anak tentang identitas budaya dengan keanekaragaman yang ada disekitar dan mengenalkan organ tubuh pada manusia dengan ciptaan tuhan. dan ektrakulikuler keagamaan sebagai bekal dalam agama dan pendidikan multikultural disekolah (2) pelaksanaan pendidikan multikultural di luar kelas B anak usia 6-7 tahun dengan melalui (a) pembiasaan anak terbiasa mengucapkan salam, hidup disiplin, saling mengenal dan toleran, serta menghormati dengan semua teman dan lingkungan sekolah. (b) kegiatan yang bersifat sosial (3) Sikap toleransi beragama pada anak usia 6-7 tahun di TK Omah Dolanan YWKA Yogyakarta yaitu dalam bentuk (a) kerjasama (b) menghormati ibadah orang lain. (c) mengunjungi teman sakit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Sigit Purnama, S.Pd.I., M.Pd
Uncontrolled Keywords: pendidikan multikultural, toleransi beragama
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jan 2020 14:38
Last Modified: 29 Jan 2020 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37854

Actions (login required)

View Item View Item