UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK TUNAS HARAPAN KARANGWUNI BANGUNKERTO TURI TAHUN AJARAN 2018/2019

Ratri Yunita Sari, NIM 15430057 (2019) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK TUNAS HARAPAN KARANGWUNI BANGUNKERTO TURI TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK TUNAS HARAPAN KARANGWUNI BANGUNKERTO TURI TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430057_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (16MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJASAMA MELALUI KEGIATAN OUTBOUND PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PKK TUNAS HARAPAN KARANGWUNI BANGUNKERTO TURI TAHUN AJARAN 2018/2019)
15430057_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampan kerjasama anak melalui kegiatan outbound anak pada kelompok A Taman Kanak-kanak (TK) Tunas Harapan Karangwuni Bangunkerto Turi Sleman tahun ajaran 2018/2019. Pada saat dilakukan observasi prapenelitian, peneliti menemukan bahwa aspek perkembangan kerjasama pada anak kelompok A masih belum berkembang dengan baik, ssalah satu nya terdapat siswa yang masih bersikap individualisme terhadap temen yang lain, hal ini terjadi saat bermain bersama, ataupun kegiatan belajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru kelas. Subjek pada penelitian ini adalah anak kelompok A TK PKK Tunas Harapan yang berjumah 10 orang anak, yang terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Data yang di kumpulkan berupa kemampuan kerjasama anak yang meliputi kemampuan interaksi dan sikap saling membantu. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah kualitatif kuantitatif. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila perhitungan presentase seluruh aspek menunjukkan nilai 80%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kegiatan outbound dalam mengembangkan kerjasama anak menunjukkan keberhasilan di Kelompok A TK PKK Tunas Harapan, melalui permainan yang sudah disusun sesuai tujuannya. Dengan kegiatan tersebut perkembangan kerjasama anak mengalami perkembangan yang sesuai. Hal ini dapat dilihat dari antusias anak saat kegiatan berlangsung. Dimana saat dilakukan observasi perkembangan kerjasama skor rata-rata keseluruhan anak 20% dengan kategori berkembang sesuai harapan, setelah dilakukan tindakan dengan kegiatan outbound kemudian dilakukan observasi pada siklus ke I anak sudah mengalami penigkatan dengan jumlah skor 60% dengan kategori masih berkembang. pada silklus ke II peningkatan kemampuan kerjasama anak sudah berkembang hal ini dapat di lihat dari sikap anak yang sudah mampu dalam kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dibuktikan dengan skor 90% dengan katgeori berkembang sangat baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Hafidh ‘Aziz. S.Pd.I., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Outound, Kerjasama, Kelompok A
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Jan 2020 13:43
Last Modified: 30 Jan 2020 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37859

Actions (login required)

View Item View Item