PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELOMPOK B2 RA MASYITHOH X KARANGMOJO GUNUNGKIDUL

ADHA KINANTI, NIM. 15430066 (2019) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELOMPOK B2 RA MASYITHOH X KARANGMOJO GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELOMPOK B2 RA MASYITHOH X KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
11120090_BAB-I_VI.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELOMPOK B2 RA MASYITHOH X KARANGMOJO GUNUNGKIDUL)
11120090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini bermula dari pengamatan peneliti terhadap metode pembelajaran yang digunakan dalam pengembangan keterampilan proses sains di RA Masyithoh X Karangmojo. Selama ini, pembelajaran di RA Masyithoh X Karangmojo masih terpaku pada guru sebagai pusatnya sehingga interaksi anak-anak dalam proses pembelajaran masih kurang dan keterampilan proses sains yang dimiliki anak masih bersifat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui seberapa besar tingkat keterampilan proses sains sebelum dilakukan tindakan di kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo; 2) mengetahui penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan proses sains di kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo; 3) mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan proses sains melalui penerapan metode eksperimen di kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek 31 anak kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo Gunungkidul. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan panduan lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik analisis data menggunakan data kualitatif dan data kuantitatif. Kriteria keberhasilan dalam meningkatkan keterampilan proses sains anak melalui penerapan metode eksperimen adalah 80% dari jumlah anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) hasil keterampilan proses sains sebelum dilakukan tindakan pada kategori baik sebesar 0% dari jumlah anak; 2) penerapan metode eksperimen terbukti dapat meningkatkan keterampilan proses sains dari siklus I penerapan metode eksperimen masuk dalam kategori cukup (C) kemudian penerapan metode eksperimen pada siklus II masuk dalam kategori baik (B); 3 peningkatan keterampilan proses sains berturut-turut pada siklus I dan siklus II mencapai kategori baik (B), pada tindakan siklus I meningkat menjadi 38,71% dari jumlah anak, sehingga terjadi peningkatan pada sebelum tindakan siklus I sebesar 38,71% dan siklus II mencapai kategori baik dan sangat baik sebesar 93,54% dari jumlah anak, terjadi peningkatan sebesar 54,83% dari tindakan siklus I ke siklus II. Pada siklus II telah mencapai standar keberhasilan yang sudah ditentukan sebesar 80% dari jumlah anak yang mencapai kategori minimal baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan keterampilan proses sains kelompok B2 RA Masyithoh X Karangmojo Gunungkidul.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses sains, metode eksperimen, anak kelompok B2
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Jan 2020 08:47
Last Modified: 31 Jan 2020 08:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37862

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum