PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES

Wildani Kushumah Auliya, 14410133 (2019) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (Siti Halawatus Sa’diyah, NIM 14410044 (2019) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES)
14410133_BAB I_BAB IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (Siti Halawatus Sa’diyah, NIM 14410044 (2019) PENDIDIKAN AKHLAK DALAM BUDAYA LOKAL “NGASA” PADA MASYARAKAT KAMPUNG BUDAYA JALAWASTU DESA CISEUREUH BREBES)
14410133_BAB II_BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK WILDANI KUSHUMAH AULIA. Implementasi Pendekatan Saintifik Model Kecakapan Abad 21 Kurikulum 2013 Edidi Revisi 2017 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Sma Negeri 1 Kalasan.Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 2019.Latar belakang penelitian ini adalah kecakapan abad 21 merupakan keterampilan yang sesungguhnya ingin dituju dengan kurikulum 2013, bukan sekedar transfer materi saja tetapi juga pembentukan 4C. Jika konsep ini bisa dijalankan dan para siswa Indonesia terbekali dengan keutamaan-keutamaan tersebut, maka permasalahn pendidikan di Indonesia dapat terselesaikan. Namun konsep yang baik tidak mudah diimplementasikan dengan baik. Untuk itu maka penerapan kecakapan abad 21 perubahan dari kurukilum 2013 edisi revisi ini menarik untuk dibahas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi kecakapan abad 21 dalam pembelajaran PAI dan hasil dari penerapannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang pengumpulan datanya dilakukan di lapangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan analisis deskriptif. Adapun aktivitas dalam analisis data yaitu: reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan conclusion drawing/verivication. Objek penelitian dalam skripsi ini adalah guru dan siswa kelas VII SMPN 1 Kalasan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Implementasi kecakapan abad 21 di SMP 1 Kalasan dilaksanakan dengan baik. Terlihat dalam: (a) RPP yang disusun guru PAI sudah mencakup hal-hal yang harus ada dalam RPP, yaitu menggunakan pendekatan saintifik dan mengintegrasikannya dengan kecakapan abad 21. Dapat dilihat dari kegiatan inti pembelajaran pencakup 5M, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan. Kemudian diintegrasikan dengan kecakapan abad 21 yaitu kecakapan berfikir kritis, kecakapan berkolaborasi, kecakapan berkreasi dan kecakapan berkomunikasi. (b) Pembelajaran mampu memfasilitasi peserta didik untuk menungkan ide-ide baik lisan dan tuisan. Dan proses pembelajaran yang dikembangkanpun berfokus pada sumber daya siswa, strategi dan konteksnya sesuai dengan kehidupan siswa, maka tingkat kerjasama dan komunikasi lebih berkembang, ketrampilan berfikir kritis dan komunikasi lebih meningkat. 2) Hasil Implementasi kecakapan abad 21 dalam pembelajaran PAI adalah peserta didik terfasilits menggunakan kemampuan yang dimilikinya untuk berusaha mengamati dengan baik, melakukan analisa, dan menyelesaikan permasalahan. Peserta didik mampu beradaptasi dalam berbagai peran dan tanggungjawab serta bekerjasama secara produktif dengan yang lain. Dengan menggunakan pembelajaran berbasis proyek, siswa mampu mengembangkan, melaksanakan dan menyampaikan gagasannya secara tulisan dengan mengemukakan ide-ide kreatif secara konseptual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. H. Suwadi M.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendektan Saintifik, Kecakapan Abad 21, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Budaya dan Agama
Islam dan Budaya
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2020 13:16
Last Modified: 15 Jun 2020 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37865

Actions (login required)

View Item View Item