PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN YOGYAKARTA 1

DZULFIKAR HARDIKI, NIM. 14410138 (2019) PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN YOGYAKARTA 1. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN YOGYAKARTA 1)
14410138_BAB-1_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN METODE PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, REVIEW (PQ4R) DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MAN YOGYAKARTA 1)
14410138_BAB-II_BAB-III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah Tuntutan terhadap perkembangan pendidikan semakin mengarah pada pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan mengarahkan siswa agar aktif dalam belajar. Sehingga dalam proses pembelajaran, guru dituntut untuk mengembangkan metode pembelajaran yang dapat memperluas pemahaman siswa mengenai materi-materi yang disampaikan. Dalam hal ini metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) merupakan salah satu solusi, khususnya pada mata pelajaran sejarah kebudayaan Islam sehingga para siswa dapat mengingat dan memahami mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam secara cepat, tepat dan komprehensif. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar penelitian di MAN Yogyakarta 1. Dengan subyek guru Sejarah Kebudayaan Islam dan siswa Kelas X. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini bersifat induktif yaitu menganalisis data dari data khusus ke data umum, dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Penerapan Metode Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review (PQ4R) dalam Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MAN Yogyakarta 1 dilakukan dengan memberi apersepsi kepada para siswa, kemudian siswa mencari ide pokok dengan cara membaca sekilas disertai dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang dijawab dengan cara membaca secara aktif dan menyeluruh, setelah itu guru memberi penjelasan sehingga para siswa mampu mengingat dan menghayati materi, yang dibuktikan dengan catatan intisari yang dibuat oleh masing-masing siswa. (2) Dalam penerapan metode PQ4R ada beberapa hambatan yang dialami antaranya tidak semua siswa membawa buku pembelajaran, penyalahgunaan handphone dan kesulitan dalam menyusun intisari materi. Sehingga pembelajaran berjalan kurang efektif. Kata Kunci: Metode PQ4R, siswa, Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M. Ag
Uncontrolled Keywords: Metode PQ4R, siswa, Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 15 Jun 2020 13:18
Last Modified: 15 Jun 2020 13:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37867

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum