KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO

ASTUTI - NIM. 07480015-E, (2010) KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[img] Text (KREATIVITAS GURU DALAM PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA KELAS V MI MA'ARIF KLANGON KALIBAWANG KULON PROGO)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (841kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah sebagian peserta didik menganggap matematika itu sulit dan membosankan. Bagaimana kreativitas guru untuk mengatasi hal tersebut. Subyek penelitian ini adalah Kepala MI Ma'arif Klangon dan guru Matematika kelas V. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data yang tersedia dengan langkah-langkah: mereduksi data, melaksanakan unitisasi dan menafsirkan data menjadi kesimpulan yang bermakna. Hasil penelitian: Kreativitas guru dalam pengembangan pembelajaran Matematika meliputi : (a). Kreativitas dalam langkah-langkah pembelajaran yaitu : pada tahap pendahuluan kreasi yang dilakukan absensi, appersepsi, pre test (teka-teki), penyampaian indikator pembelajaran, dan mengusahakan media yang sesuai materi yang mudah didapat di lingkungan sekitar. Pada tahap inti kreasi dilanjutkan pada saat menyajikan materi, menggunakan strategi. Strategi pembelajaran aktif, dan pendekatan konstektual, pada tahap penutup kreasi ditunjukkan dalam mengulang kembali materi dengan teka-teki kompetitif, pemberian Pekerjaan Rumah (PR). (b). Kreativitas dalam mengembangkan komponen pembelajaran Matematika meliputi : tujuan; Guru mengembangkan tujuan (indikator) pembelajaran Matematika nyata di lingkungan dengan mengaitkannya pada situasi nyata di lingkungan sehari-hari. Metode yaitu guru mengkombinasikan beberapa metode yang sesuai yaitu : ceramah, ekspositori, demontrasi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Media yaitu guru memanfaatkan media dengan mengutamakan unsur menarik dan praktis, serta mudah dipahami oleh siswa. Materi, yaitu guru mengembangkan materi saat itu dengan materi-materi sebelumnya. Evaluasi yaitu dengan cara tes dan non tes yang meliputi 3 aspek : Pemahaman konsep, penalaran dan penerapan konsep, serta aspek pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. Sedya Santosa, SS, MPd.
Uncontrolled Keywords: kreativitas guru, pembelajaran matematika.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2012 08:58
Last Modified: 31 Aug 2012 10:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3787

Actions (login required)

View Item View Item