PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK DALAM MEMPERKUAT NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X JURUSAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019

BINTAN BARIKNA TOYYIBAH, NIM. 15410028 (2019) PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK DALAM MEMPERKUAT NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X JURUSAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK DALAM MEMPERKUAT NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X JURUSAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410028_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PERAN MATA PELAJARAN AKHLAK DALAM MEMPERKUAT NILAI PENDIDIKAN KARAKTER SISWA KELAS X JURUSAN ILMU-ILMU KEAGAMAAN MAN 3 BANTUL TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410028_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya nilai pendidikan karakter bagi setiap manusia, terlebih generasi muda atau para remaja yang berada dalam usia rentan terkena pengaruh zaman, karakter mereka harus diperkuat. Jurusan Ilmu-Ilmu Keagamaan (IIK) MAN 3 Bantul terdapat mata pelajaran Akhlak sebagai mata pelajaran peminatan, yang erat kaitannya dengan nilai pendidikan karakter. Madrasah sebagai salah satu lembaga pendidikan turut bertanggung jawab dalam memperkuat nilai pendidikan karakter siswa, salah satunya melalui pembelajaran mata pelajaran Akhlak. Dari alasan tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang peran mata pelajaran Akhlak dalam memperkuat nilai pendidikan karakter siswa kelas X IIK MAN 3 Bantul. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran Akhlak dan peran mata pelajaran Akhlak dalam memperkuat nilai pendidikan karakter siswa kelas X IIK MAN 3 Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kegiatan pembelajaran mata pelajaran Akhlak di kelas X jurusan Ilmu-Ilmu Keagamaan MAN 3 Bantul terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti dan penutup. Dalam kegiatan inti pembelajaran terdapat lima kegiatan antara lain mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, menalar/mengasosiasi, dan mengomunikasikan. Strategi pembelajaran yang digunakan guru., dalam pembelajaran mata pelajaran Akhlak guru menggunakan metode presentasi kelompok, diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Suasana pembelajaran di kelas X IIK 1 dan X IIK 2 menyenangkan. Secara umum siswa antusias mengikuti pembelajaran. 2) Peran mata pelajaran Akhlak dalam memperkuat nilai pendidikan karakter siswa kelas X jurusan Ilmu-Ilmu Keagamaan MAN 3 Bantul yaitu memperkuat nilai pendidikan karakter siswa berupa religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, rasa ingin tahu, komunikatif, dan peduli sosial. Upaya madrasah untuk memperkuat nilai pendidikan karakter siswa melalui kebijakan madrasah, kegiatan madrasah, dengan metode pendidikan karakter, pendekatan pendidikan karakter, serta kerjasama madrasah dengan orang tua dan masyarakat. Faktor pendukung dalam memperkuat nilai pendidikan karakter siswa yaitu siswa dari pondok, komitmen guru yang baik, program atau kegiatan antara pondok pesantren dan madrasah banyak yang mirip. Sedangkan faktor penghambat berupa keadaan zaman, teknologi, lingkungan siswa, belum semua guru menyadari pentingnya memasukkan nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran, siswa merasa bosan ketika pembelajaran, dan sarana prasarana madrasah. Kata kunci: Mata Pelajaran Akhlak, Nilai Pendidikan Karakter, Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Mata Pelajaran Akhlak, Nilai Pendidikan Karakter, Siswa
Subjects: Akhlak - Etika
Ilmu Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:01
Last Modified: 03 Feb 2020 09:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37878

Actions (login required)

View Item View Item