PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM (Studi Kasus Lembaga Pendidikan Qaryah Thayyibah)

Prunan Nur Hidayati, NIM. 15410033 (2019) PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM (Studi Kasus Lembaga Pendidikan Qaryah Thayyibah). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM (Studi Kasus Lembaga Pendidikan Qaryah Thayyibah))
15410033_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PROSES PEMBELAJARAN DI SEKOLAH ALAM (Studi Kasus Lembaga Pendidikan Qaryah Thayyibah))
15410033_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah berawal dari pendidikan merupakan salah satu usaha sebuah negara untuk menjadikan generasinya berakhlak mulia, cerdas, mandiri, dan bertanggungjawab. Selain itu, pendidikan pada umumnya tidak dapat lepas dari agama. Oleh karena itu, pendidikan yang berada di sekolah harus ada pelajaran agama. Dengan begitu pendidikan dapat diimbangi antara pembelajaran umum dan pembelajaran agama. Dizaman saat ini, sebuah lembaga maupun keluarga harus memasukan dan menerapkan pendidikan Islam dalam proses pembelajarannya. Karena, dengan begitu generasi saat in dan yang akan datang dapat membatasi diri dengan ilmu agamanya, dengan cara menerapkan nilai-nilai pendidikan Islam itu sendiri dalam kehidupannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun cara pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Serta untuk menarik keabsahan dan validitas data yang diteliti, peneliti menggunakan trianggulasi data. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan menunjukkan bahwa: 1) Gambaran secara umum bagaimana lembaga Qaryah Thayyibah menerapakan sistem proses pembelajaran yang dilimpahkan terhadap peserta didiknya. Dengan bertujuan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. 2) Penerapan nilai-nilai pendidikan Islam, merupakan cara untuk membatasi diri peserta didik agar memiliki akhlak xii yang baik. Penerapan ini dilakukan dalam proses pembelajaran, tanpa paksaan dan untuk menghasilkan peserta didik yang cerdas, bertanggungjawab, dan memiliki akhlak yang baik. Kata kunci : Tujuan pendidikan, proses pembelajaran, nilai-nilai pendidikan Islam, dan Sekolah Alam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M. Ag.
Uncontrolled Keywords: Tujuan pendidikan, proses pembelajaran, nilai-nilai pendidikan Islam, dan Sekolah Alam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:00
Last Modified: 03 Feb 2020 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37879

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum