STRATEGI PEMBELAJARAN DI NEGARA FINLANDIADAN RELEVANSINYA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA (Kajian terhadap buku Teach Like Finland : 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms karya Timothy D. Walker)

Nur Amntillah, NIM. 15410036 (2019) STRATEGI PEMBELAJARAN DI NEGARA FINLANDIADAN RELEVANSINYA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA (Kajian terhadap buku Teach Like Finland : 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms karya Timothy D. Walker). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PEMBELAJARAN DI NEGARA FINLANDIADAN RELEVANSINYA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA (Kajian terhadap buku Teach Like Finland : 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms karya Timothy D. Walker))
15410036-BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PEMBELAJARAN DI NEGARA FINLANDIADAN RELEVANSINYA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI INDONESIA (Kajian terhadap buku Teach Like Finland : 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms karya Timothy D. Walker))
15410036-BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah peran guru yang sangat penting dalam menciptakan kelas yang menyenangkan bagi peserta didik saat proses pembelajaran sehingga materi yang diajarkan bisa diterima dengan mudah. Memilih strategi yang tepat adalah satu cara yang bisa dilakukan oleh guru untuk menciptakan kelas yang menyenangkan. Finlandia sebagai negara dengan pendidikan terbaik di dunia memiliki standar sendiri bagi guru yang akan mengajar, dan karena hal tersebut profesionalitas guru dalam kelas tidak diragukan lagi dimana guru diberikan kebebasan dalam memilih strategi, metode, teknik serta dalam merancang proses pembelajaran dalam kelas. Hal tersebut seperti yang tergambar dalam buku Teach Like Finland: 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms karya Timothy D Walker. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran di Finlandia dalam buku Teach Like Finland: 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms; (2) mendeskripisikan relevansi strategi pembelajaran dalam buku Teach Like Finland: 33 Simple Strategies for Joyful Classrooms dengan strategi Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan mengambil data dari buku Teach Like Finland karya Timothy D Walker. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan historis-faktual untuk memahami pemikiran seorang tokoh. Pengumpulan data dengan metode dokumentasi dengan metode analisis deskriptif serta analisis deduktif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Strategi pembelajaran Finlandia memiliki tujuan utama untuk menciptakan kebahagian di dalam kelas yang menyenangkan. Timothy D Walker mengelompokkan strategi menciptakan kebahagiaan di dalam x kelas menjadi lima bagian, rasa dimiliki (keterlibatan), kemandirian, penguasaan, pola pikir dan kesejahteraan. Strategi ini terinci menjadi 33 point, dan penulis mengelompokkannya menjadi 5 bagian utama; a) Strategi pendekatan peserta didik, b) Strategi pembelajaran dalam kelas, c) Strategi dalam evaluasi pembelajaran,,d) Strategi menciptakan kelas yang menyenangkan, e) Strategi menjadi guru Abudance-oriented. (2) Dari beberapa metode pendidikan agama Islam, diantaranya; metode ceramah, diskusi, drill, metode kisah, dan lain sebagainya, Terdapat tiga poin relevansi dengan strategi pembelajaran di Finlandia, yaitu; a) Strategi pembelajaran langsung, b) pembelajaran Experiental, dan c) pembelejaran interaktif. Kata kunci: Strategi Pembelajaran, Finlandia, Timothy D Walker

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran, Finlandia, Timothy D Walker
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 09:00
Last Modified: 03 Feb 2020 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37880

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum