DUNIA DIGITAL DALAM PAI (Studi Atas Implementasi Penggunaan Media Al-Qur’an Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 4 Di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman)

Vivi Afianti Sutrisna, NIM: 15410039 (2019) DUNIA DIGITAL DALAM PAI (Studi Atas Implementasi Penggunaan Media Al-Qur’an Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 4 Di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (DUNIA DIGITAL DALAM PAI (Studi Atas Implementasi Penggunaan Media Al-Qur’an Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 4 Di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman))
15410039_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (DUNIA DIGITAL DALAM PAI (Studi Atas Implementasi Penggunaan Media Al-Qur’an Digital Dalam Kegiatan Pembelajaran PAI Kelas X MIPA 4 Di SMA Negeri 2 Ngaglik Sleman))
15410039_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya guru PAI yang dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman diharapkan dapat memakai media digital sebagai alat bantu dalam menunjang proses kegiatan pembelajaran di kelas agar pembelajaran tidak monoton dan dapat menambah wawasan serta motivasi peserta didik dalam mengikuti pembelajaran di kelas. Proses kegiatan pembelajaran PAI yang telah berlangsung di SMA Negeri 2 Ngaglik ini telah dapat mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Ini dapat dilihat dari penggunaan media al-Qur’an Digital sebagai media dalam menyampaikan materi terkait dengan ayat-ayat al-Qur’an. Hal ini menarik untuk diteliti agar guru-guru PAI lainnya dapat menggunakan media tersebut dalam proses pembelajarannya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan teknik uji keabsahan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Implementasi penggunaan media al-Qur’an Digital dalam pembelajaran PAI kelas X MIPA 4 dapat berjalan dengan baik sesuai dengan tujuan pembelajaran yang diharapkan oleh guru. Dilihat dari aspek-aspek yang mempengaruhi pembelajaran kompetensi al-Qur’an (membaca, menulis, menghafal dan memahami) peserta didik dapat menguasai 4 aspek tersebut dengan baik. Prosedur yang disiapkan guru untuk penggunaan media tersebut juga lebih rinci dan terstruktur sehingga pembelajaran berjalan lancar. 2) Optimalisasi proses kegiatan pembelajaran PAI di kelas X MIPA 4 dengan media al-Qur’an Digital berjalan dengan optimal ini dapat diketahui dari beberapa aspek yang mempengaruhi suatu pembelajaran berjalan optimal atau tidak. Dimana aspek itu tercantum dalam RPP yang dibuat oleh guru. 3) Problematika implementasi penggunaan media al-Quran Digital dalam kegiatan pembelajaran PAI kelas X MIPA 4 di SMA Negeri 2 Ngaglik yang utama yaitu terdapat pada media pendukung dan jaringan wifi yang ada di sekolah. Kata kunci: Media Pembelajaran, al-Qur’an Digital, Proses Kegiatan Pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, al-Qur’an Digital, Proses Kegiatan Pembelajaran.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:59
Last Modified: 03 Feb 2020 09:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37881

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum