PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MAN 1 KULON PROGO

IRMA NUR FALINA, NIM. 15410044 (2019) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MAN 1 KULON PROGO. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MAN 1 KULON PROGO)
15410044_BAB I_BAB IV_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN SOSIAL GURU TERHADAP AKHLAK SISWA DI MAN 1 KULON PROGO)
15410044_BAB II_S.D_SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pembentukan dan pembinaan akhlak oleh guru di lingkungan sekolah. Sebagai salah satu faktor yang mempengaruhi akhlak, guru di lingkungan sekolah harus memiliki standar kompetensi kepribadian dan sosial yang baik tanpa mengesampingkan kompetensi yang lain. Persepsi siswa terhadap kompetensi guru akan mempengaruhi akhlak siswa dan mempengaruhi bagaimana siswa akan bertindak atau bersikap, karena siswa masih berada pada fase dimana mereka mudah mencontoh atau meniru orang lain. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Adapun pengumpulan datanya menggunakan metode angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di MAN 1 Kulon Progo dengan sampel 3 kelas yang diambil secara acak menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas XI IPA 2, XI IPS 1 , dan XI MAK dengan total sampel berjumlah 77 siswa. Hasil penelitian ini, yaitu: (1) Tingkat akhlak siswa di MAN 1 Kulon Progo tergolong baik, yaitu 31 responden berada pada interval 98-106 dengan persentase 40,26%. (2) Tingkat kompetensi kepribadian guru di MAN 1 Kulon Progo tergolong baik, yaitu 28 responden berada pada interval 59-62 dengan persentase 36,36%; (3) Tingkat kompetensi sosial guru di MAN 1 Kulon Progo tergolong cukup baik, yaitu 25 responden berada pada interval 33-35 dengan persentase 32,46%; (4) Terdapat pengaruh dalam kategori sedang yang positif antara persepsi siswa tentang kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial guru terhadap akhlak siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 0,452 dengan nilai r2 sebesar 0,205 atau memberikan pengaruh sebesar 20,5%. Sedangkan79,5 % akhlak siswa dipengaruhi oleh faktor lain. Kata Kunci : Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Akhlak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs.Sarjono M.Si.
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, Akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:58
Last Modified: 03 Feb 2020 08:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37882

Actions (login required)

View Item View Item