PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP AISYIYAH FULL DAY WEDI KLATEN JAWA TENGAH

Aromah Widiasari, NIM : 15410046 (2019) PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP AISYIYAH FULL DAY WEDI KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP AISYIYAH FULL DAY WEDI KLATEN JAWA TENGAH)
15410046_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN MENTAL SPIRITUAL MELALUI PROGRAM KEGIATAN KEAGAMAAN DI SMP AISYIYAH FULL DAY WEDI KLATEN JAWA TENGAH)
15410046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah dengan adanya perkembangan IPTEK yang semakin maju sedangkan tekanan terhadap akademik dan persaingan nilai semakin meningkat maka akan memberikan kegelisahan atau stressor terhadap dunia pendidikan, khususnya bagi siswa yang masih remaja. Selaras dengan adanya kegelisahan tersebut maka diperlukan peran agama sebagai pembenahan emosi dalam jiwa remaja supaya dapat terkendali dengan baik. Salah satu usaha memperdalam jiwa keagamaan yaitu dengan melakukan kegiatan-kegiatan yang mendekatkan diri kepada Allah. Kegiatan-kegiatan tersebut telah berlangsung di SMP Aisyiyah Full Day Wedi yang memiliki program kegiatan keagamaan yang bervariasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui proses pelaksanaan pembinaan mental spiritual program kegiatan keagamaan di SMP Aisyiyah Full Day Wedi. 2) Mengetahui dampak dari program kegiatan keagamaan. 3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari program kegiatan keagamaan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang dilakukan di lapangan. Pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, deskripsi data, dan pengambilan kesimpulan. Bentuk kegiatannya berupa shalat dhuhā’ rutin, muraja’ah hafalan Qur’an Juz 28, 29 dan 30, pembinaan tahsīn, MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) setiap akhir bulan, shalat dzuhur berjamaah, khiṭābah, shalat jumat, beras barokah di hari jumat, shalat ashar berjamaah, muraja’ah QS Al-Kahfi setiap jumat, dan infaq wajib hari jumat serta ekstra taḥfiẓ. Hal ini menarik untuk diteliti supaya guru guru PAI lainnya xi dapat menjadikan kegiatan keagamaan sebagai upaya dalam pembinaan mental spiritual siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pelaksanaan pembinaan mental spiritual melalui program kegiatan keagamaan dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan tujuan diadakannya program tersebut. Dilihat dari perbedaan jenjang atau kelas, kelas 9 sudah lebih baik perilakunya jika dibandingkan dengan kelas 7 dan 8. Kegiatan tersebut sangat baik karena anak digiring untuk melakukan kegiatan keagamaan melalui proses pembiasaan dari guru. 2) Dampak pelaksanaan pembinaan mental spiritual melalui program kegiatan keagamaan sudah memberikan hasil yang positif, hal tersebut dapat diketahui dari aspek perubahan dalam diri siswa. Percaya diri, mendekatkan diri pada Allah, dermawan/suka menolong dan bertambahnya ketrampilan dalam membaca Al-Qur’an. 3) Faktor Pendukung dari kegiatan tersebut adalah semangat guru, fasilitas masjid dan ruang kelas yang nyaman sedangkan faktor penghambat dari kegiatan tersebut adalah kurangnya guru pengajar, kurangnya pembinaan sebagai penunjang kualitas guru dan kurangnya perlengkapan shalat Kata kunci: Pembinaan Mental Spiritual, Program Kegiatan Keagamaan, Proses Kegiatan Keagamaan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Saidah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembinaan Mental Spiritual, Program Kegiatan Keagamaan, Proses Kegiatan Keagamaan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:57
Last Modified: 03 Feb 2020 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum