IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS XI IPA MAN I KLATEN

Septiana Trisnawati, NIM: 15410048 (2019) IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS XI IPA MAN I KLATEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS XI IPA MAN I KLATEN)
15410048_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI BRAIN BASED LEARNING DALAM MENGOPTIMALKAN ASPEK KOGNITIF MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK PADA SISWA KELAS XI IPA MAN I KLATEN)
15410048_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan pemikiran bahwa pembelajaran harus inovatif dan tidak monoton. Permasalahan di MAN I Klaten adalah minat belajar siswa yang berkurang dan siswa yang terlalu cepat melupakan materi yang diberikan oleh guru. Pembelajaran agama, terutama Akidah Akhlak tidak boleh dipandang sebelah mata dan guru agama harus kreatif agar suasana kelas tidak membosankan. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian field research. Adapun pengumpulan datanya menggunakan observasi, penelitian, dan dokumentasi yang dilaksanakan di MAN I Klaten. Analisis data kualitatif dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi teknik dan trianggulasi sumber. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) implementasi Brain Based Learning dalam mengoptimalkan aspek kognitif mata pelajaran Akidah Akhlak pada siswa kelas XI IPA di MAN I Klaten dilatarbelakangi oleh tiga hal, yaitu minat belajar yang kurang, siswa mudah melupakan materi yang diberikan, dan mengikisnya Akhlakul Karimah siswa. 2) pelaksanaannya secara kasat mata tidak berbeda jauh dari proses pembelajaran pada umumnya, yang membedakan adalah cara menyampaikan materi terhadap peserta didik sehingga dapat diterima dengan baik dan diingat dalam jangka panjang dan kekreatifitasan guru dalam memberi materi pelajaran. 3) hasil dari implementasi Brain Based Learning di MAN I Klaten adalah meningkatkan motivasi belajar siswa, meningkatkan aspek kognitif atau pengetahuan siswa sehingga akhlaknya akan menjadi baik, dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan pengetahuan yang luas dan ingatan yang kuat siswa akan mudah dalam mengerjakan soal-soal Akidah Akhlak. Kata Kunci: Brain Based Learning, Kognitif, Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Muqowim, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Brain Based Learning, Kognitif, Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:57
Last Modified: 03 Feb 2020 08:58
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37884

Actions (login required)

View Item View Item