KONTRIBUSI PENGEMBANGAN SENI BUDAYA ISLAM DI UKM JAM’IYYAH AL-QURRĀ WA AL-HUFFAŻ AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PENYIAPAN CALON GURU PAI YANG PROFESIONAL

MIQDAM M. AL HAFIDZ, NIM: 15410052 (2019) KONTRIBUSI PENGEMBANGAN SENI BUDAYA ISLAM DI UKM JAM’IYYAH AL-QURRĀ WA AL-HUFFAŻ AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PENYIAPAN CALON GURU PAI YANG PROFESIONAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONTRIBUSI PENGEMBANGAN SENI BUDAYA ISLAM DI UKM JAM’IYYAH AL-QURRĀ WA AL-HUFFAŻ AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PENYIAPAN CALON GURU PAI YANG PROFESIONAL)
15410052_BAB-I_atau_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (KONTRIBUSI PENGEMBANGAN SENI BUDAYA ISLAM DI UKM JAM’IYYAH AL-QURRĀ WA AL-HUFFAŻ AL-MIZAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA TERHADAP PENYIAPAN CALON GURU PAI YANG PROFESIONAL)
15410052_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah guru PAI memiliki andil penting dalam dunia pendidikan yaitu menanamkan keimanan kedalam jiwa peserta didik, memahamkan untuk taat beragama, dan mendidik agar anak berbudi pekerti mulia. Guru di kelas adalah bagai seorang pemain drama yang dituntut mampu menyajikan presentasi yang menarik. Oleh karenanya dalam penyiapan tenaga guru perlu mengadopsi keterampilan seni. UKM JQH al-Mizan sebagai wadah mahasiswa bagi pengembangan skill seni keIslaman yang terdiri dari lima divisi (tilawat, tahfizh, tafsir, kaligrafi, dan selawat) merupakan organisasi yang tepat bagi penyiapan calon guru PAI yang memperluas khazanah keilmuannya melalui bidang seni keIslaman. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan seni budaya Islam di UKM JQH al-Mizan; (2) mendeskripisikan kontribusi divisi di UKM JQH al-Mizan bagi penyiapan calon guru PAI yang profesional; (3) memaparkan kontribusi masing-masing divisi di UKM JQH al-Mizan terhadap peningkatan kompetensi calon guru PAI yang profesional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan mengambil data dari keikutsertaan mahasiswa jurusan PAI UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berkecimpung di UKM JQH al-Mizan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan antropologi untuk xi memahami hasil dari cipta, karsa, dan rasa manusia. Pengumpulan data dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) kegiatan seni budaya Islam di UKM JQH al-Mizan meliputi lima cabang bidang (divisi) seni keIslaman, yaitu tilawat, tahfizh, tafsir, kaligrafi, dan selawat. (2) kontribusi kegiatan divisi bagi penyiapan calon guru PAI yang profesional yaitu latihan rutin, haflah tilawah, roadshow tilawat, workshop tilawat, setoran hafalan, halaqoh dan mudarosah, simaan, MHQ, ngaji nahwu shorof, pembuatan karya, studi kitab tafsir, pekan tafsir, kuliah seni, wisata seni, UAK, camp kailgrafi, latihan lanjutan, sikrab, sarasehan, dan pentas selawat. (3) kontribusi masing-masing divisi di terhadap peningkatan kompetensi calon guru PAI yang profesional adalah Pertama, Kompetensi paedagogik. UKM JQH al-Mizan memfasilitasi anggotanya untuk menggunakan keterampilan seni nya untuk mendesain metode pembelajaran secara kreatif inovatif. Kedua, Kompetensi kepribadian. UKM JQH al-Mizan mempunyai visi yaitu membentuk kepribadian mahasiswa yang berakhlak al karimah dan berjiwa Qur’ani. Ketiga, Kompetensi profesional. UKM JQH al-Mizan menghantarkan anggotanya untuk mengetahui bagaimana ilmunya, bagaimana caranya, dan bagaimana mengaplikasikannya. Keempat, Kompetensi sosial. UKM JQH al-Mizan melatih para calon guru PAI untuk berinteraksi sosial baik dalam organisasi, lingkungan, maupun masyarakat. Kata Kunci: Seni Budaya Islam, Guru PAI, UKM JQH al-Mizan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Munawwar Khalil, S.S., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Seni Budaya Islam, Guru PAI, UKM JQH al-Mizan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Sejarah Peradaban / Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:56
Last Modified: 03 Feb 2020 08:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37885

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum