IMPLEMENTASI PROGRAM QUR’AN LOVERS CLUB (QLC) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL

ERICA ADELA ARMANDA, NIM: 15410054 (2019) IMPLEMENTASI PROGRAM QUR’AN LOVERS CLUB (QLC) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM QUR’AN LOVERS CLUB (QLC) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
15410054_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM QUR’AN LOVERS CLUB (QLC) DALAM MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMKN 1 SAPTOSARI GUNUNGKIDUL)
15410054_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini berawal dari kegelisahan peneliti terkait dengan degradasi moral generasi bangsa dalam praktik berbangsa dan bernegara, sehingga memunculkan kenakalan-kenakalan remaja yang berawal dari kepribadian yang tak memiliki nilai-nilai religiusitas dalam berbangsa dan bernegara sehingga sejak dini para generasi bangsa harus memiliki bekal dalam hidup, salah satunya ada kepribadian yang sadar akan unsur nilai moralitas dan religiusitas, sebab pada masyarakat Indonesia diyakini ketika orang sudah memiliki karakter yang religius maka mereka bisa melaksanakan tata hidup berbangsa dan bernegara sehingga mengantarkan generasi bangsa yang sadar akan nilai-nilai religius dan membentuk karakter religius pada masing-masing orang. Dalam penelitian ini penulis juga memfokuskan pada realita terkait kenakalan-kenakalan remaja yang terjadi di masyarakat atau sekolah juga penanggulangan yang dilakuan oleh pihak sekolah, sehingga peneliti mengambil sampling di SMKN 1 Saptosari sebagai sekolah yang menyelenggarakan program Qur’an Lovers Club (QLC) dengan tujuan membentuk karakter siswa-siswi yang religius dengan menerapkan beberapa kegiatan yang menanamkan nilai-nilai religius dengan tujuan agar siswa lebih berkarakter, memiliki sopan santun dalam berkehidupan telebih dalam mencintai Alquran dengan harapan siswa-siswinya selain cerdas berketrampilan namun juga cerdas berperilaku dalam kehidupan dengan memiliki karakter religius. Penelitian ini merupakan penelitian bersifat diskriptif kualitatif, pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengambilan subjek dalam penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan untuk pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan metode. Adapun analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan pada : 1) Implementasi program Qur’an Lovers Club (QLC) di SMKN 1 Saptosari yaitu dilaksanakan sholat Dhuha, tadarus Alquran, memahami isi kandungan ayat Alquran. Adapun kegiatan penunjang Qur’an Lovers Club (QLC) adalah TPA, keputrian, bimbingan religi, dan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). 2) Kegiatan Qur’an Lovers Club (QLC) mempunyai nilai-nilai karakter religius yaitu a) Dimensi keyakinan dan praktik agama terlihat dari sikap siswa melaksanakan sholat. b) Dimensi pengalaman terlihat dari sikap disiplin siswa. c) Dimensi Pengamalan terlihat dari sikap kejujuran siswa. Kata Kunci:Implementasi Program Qur’an Lovers Club (QLC), Karakter Religius.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Mahmud Arif, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program Qur’an Lovers Club (QLC), Karakter Religius
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:55
Last Modified: 03 Feb 2020 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37887

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum