PERANAN PROGRAM TAHFIZUL HADIS DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019

FATMA AZIZAH, NIM. 15410063 (2019) PERANAN PROGRAM TAHFIZUL HADIS DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PERANAN PROGRAM TAHFIZUL HADIS DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410063_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (12MB) | Preview
[img] Text (PERANAN PROGRAM TAHFIZUL HADIS DALAM MENINGKATKAN SPIRITUAL INTELLIGENCE SISWA KELAS VIIISMP MUHAMMADIYAH PLUS KLATEN UTARA TAHUN AJARAN 2018/2019)
15410063_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah urgensi spiritual inetelligence pada siswa merupakan hal penting agar menjadi khairu ummah (sebaik-baik manusia). Namun masih terdapat orang tua maupun lembaga pendidikan yang mengabaikan pentingnya spiritual intelligence pada siswa. Alhasil timbul perilaku penyimpangan moral pada siswa seperti perilaku merokok, kurangnya menghormati orang tua, perilaku hedonis seperti gaduh saat jam pelajaran, pacaran dan kurangnya pengetahuan agama. SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara merupakan sekolah yang mengupayakan keseimbangan potensi peserta didik, baik melalui program bidang agama, akademik dan non akademik. Salah satu program unggulan yang bertujuan dapat meningkatkan kecerdasan spiritual adalah pada bidang agama yakni program tahfizul hadis. Adapun yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan program tahfizul hadis, bagaimana peranan program tahfizul hadis dalam meningkatkan spiritual intelligence dan bagaimana hasil peningkatan spiritual intelligence siswa melalui program tahfizul hadis bagi siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan program tahfizul hadis, peranan program tahfizul hadis dalam meningkatkan spiritual intelligence siswa dan peningkatan spiritual intelligence siswa melalui program tahfizul hadis. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, mengambil latar SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru keislaman, siswa kelas VIII & beberapa karyawan yang ada di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara. Metode pengumpulan data yang dilakukan diantaranya observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik trianggulasi. Adapun analisis data yang dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data & verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Pelaksanaan program tahfizul hadis di SMP Muhammadiyah Plus Klaten Utara meliputi kegiatan pembuka: motivasi, sharing dan muraja’ah, kegiatan inti: bimbingan hafalan dengan metode talaqqi, setor hafalan, evaluasi harian, dan kegiatan penutup: penyampaian materi pertemuan berikutnya. (2) Peranan program tahfizul hadis dalam meningkatkan spiritual intelligence siswa yakni kemampuan bersikap terbuka, sikap kesadaran yang tinggi, mampu menghadapi penderitaan, mamu menghadapi rasa takut, visioner, sikap peduli, rasa ingin tahu yang tinggi dan tanggung jawab. (3) Hasil peningkatan spiritual intelligence siswa melalui program tahfizul hadis pada siswa kelas VIII yakni adanya sikap bersalah dan sikap menjauhi kebatilan pada diri siswa sehingga mampu menjadi teladan bagi lingkungan sekitar. Kata Kunci : peranan, tahfizul hadis, spiritual intelligence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Mujahid, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: peranan, tahfizul hadis, spiritual intelligence
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Hadis
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jun 2020 13:47
Last Modified: 17 Jun 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37893

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum