UPAYA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN BINA PRIBADI ISLAMI PADA REMAJA DONOTIRTO DI SEKITAR PONDOK PESANTREN ROHMATUL UMAM DONOTIRTO KRETEK BANTUL

M. Nur Adnan Saputra, NIM. 15410070 (2019) UPAYA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN BINA PRIBADI ISLAMI PADA REMAJA DONOTIRTO DI SEKITAR PONDOK PESANTREN ROHMATUL UMAM DONOTIRTO KRETEK BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN BINA PRIBADI ISLAMI PADA REMAJA DONOTIRTO DI SEKITAR PONDOK PESANTREN ROHMATUL UMAM DONOTIRTO KRETEK BANTUL)
15410070_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PEMBINAAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI KEGIATAN BINA PRIBADI ISLAMI PADA REMAJA DONOTIRTO DI SEKITAR PONDOK PESANTREN ROHMATUL UMAM DONOTIRTO KRETEK BANTUL)
15410070_BAB-II_sampai-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah masjid-masjid di sekitar Pondok Pesantren Rohmatul Umam yang tidak ada tenaga pengajar membuat remaja mengisi waktu sorenya dengan kegiatan yang kurang positif, begipula masyarakat dan orang tua kurang memotivasi remajanya untuk mununtut ilmu agama, dan pendidikan agama Islam yang ada di sekolah belum maksimal diberikan kepada para remaja Donotirto. Oleh sebab itu pendiri Pondok Pesantren Rohmatul Umam yakni K. H. Ahmad Muzammil membuat kegiatan Bina Pribadi Islami. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar Desa Donotirto Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Sedangkan untuk analisis data dilakukan penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa data-data tertulis, pengamatan secara langsung sehingga dalam hal ini penulis berupaya mengadakan penelitian yang bersifat menggambarkan secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Adanya seleksi untuk santri yang akan mengikuti kegiatan Bina Pribadi Islami, setiap santri yang diterjunkan dalam kegiatan Bina Pribadi Islami mendapatkan pembimbing yaitu ustᾱż Pondok Pesantren Rohmatul Umam Kretek Bantul. Upaya pembinaan PAI dalam kegiatan Bina Pribadi Islami antara lain: Pembiasaan berdo’ᾱ sebelum dan sesudah kegiatan, membaca Alqurᾱn dan Asmᾱul Ḥusnᾱ, menghafalkan surat-surat pendek, pembiasaan xi mengucapkan kalimat-kalimat ṭayyibah, memperdalam ilmu fiqih dengan kitᾱb Fiqih Wᾱḍiḥ, pembiasaan ṣalᾱt berjamᾱ’ah, dan membiasakan menjaga kebersihan. 2) Hasil pembinaan PAI melalui kegiatan Bina Pribadi Islami adalah remaja terbiasa melakukan ṣalᾱt dan bisa membaca Alqurᾱn sesuai hukum ilmu tajwid, remaja bisa meninggalkan perkataan kotor dan mampu menghargai orang yang sedang berbicara, dan remaja menjadi berani untuk menyampaikan pendapat. 3) Faktor pendukung dan penghambat pembinaan pendidikan agama Islam melalui kegiatan Bina Pribadi Islami pada remaja Donotirto di sekitar Pondok Pesantren Rohmatul Umam Donotirto Kretek Bantul, faktor pendukung yaitu: Adanya kerjasama yang baik dari penasehat yang ikut memberi masukan, ustᾱż yang selalu memberikan bimbingan, santri yang memberikan pengaruh baik di kegiatan Bina Pribadi Islami, dan santri yang mengikuti kegiatan tidak izin pulang atau sakit. Sedangkan faktor penghambat yaitu: Sarana dan prasarana dalam kegiatan Bina Pribadi Islami masih minim, dan kurangnya pengawasan terhadap pergaulan remaja. Kata Kunci: Upaya Pembinaan, Pendidikan Agama Islam Pada Remaja, Bina Pribadi Islami

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Ahmad Hanany Naseh, MA,
Uncontrolled Keywords: Upaya Pembinaan, Pendidikan Agama Islam Pada Remaja, Bina Pribadi Islami
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan Islam (Pesantren)
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 17 Jun 2020 13:48
Last Modified: 17 Jun 2020 13:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37898

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum