KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM (Derivasi Konsep Kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam)

DHADHI TRIATMAJA - NIM. 04471216, (2010) KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM (Derivasi Konsep Kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM (Derivasi Konsep Kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN ISLAM (Derivasi Konsep Kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian Dalam Kepemimpinan Pendidikan Islam))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (323kB)

Abstract

Telaah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemikiran kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian dan menderivasikan ke dalam konsep kepemimpina pendidikan Islam. Pengumpulan data dilakukan dengan meneliti dan menyelidiki dokumen-dokumen atau literatur-literatur. Analisis data yang digunakan adalah content analysis (analisis isi) yakni investigasi tekstual melalui analisis ilmiah terhadap isi pesan suatu komunikasi, dan interpretasi, yaitu suatu bentuk analisa data dengan cara menyelami karya tokoh kajian. Hasil telaah menunjukkan: (1) bahwa konsep kepemimpinan Ary Ginanjar adalah konsep kepemimpinan yang berpijak pada intisari ajaran Islam, yakni ihsan, Rukun Iman, dan Rukun Islam. Ary Ginanjar menjadikan ketiga komponen dasar ajaran Islam tersebut untuk mengoptimalkan potensi kecerdasan yang dimiliki manusia. Potensi kecerdasan tersebut terdiri dari, kecerdasan intelektual (intelektual Quotient), kecerdasan emosi (emotional Quotient), dan kecerdasan spiritual (Spiritual Quotient). Hasil dari elaborasi ihsan adalah terciptanya emosi yang jernih, yang merupakan dasar dari kecerdasan emosi (EQ). Elaborasi dari Rukun Iman adalah terbentuknya kesadaran diri akan pentingnya alam berpikir sehingga tercipta format berpikir dan emosi yang memiliki kesadaran yang sesuai dengan hati nurani (EQ + SQ). Dan hasil elaborasi Rukun Islam adalah terinternalisasinya semua prinsip ESQ yang memiliki ketangguhan pribadi (personal strength) dan ketangguhan social (social strength); (2) bahwa konsep kepemimpinan ESQ Ary Ginanjar Agustian memiliki value dalam pembentukan kepemimpinan pendidikan Islam. Core value dari konsep kepemimpinan Ary Ginanjar Agustian adalah terbangunnya karakter dan internalisasi ruh kepemimpinan yang sistemis dan sistematis dalam bangunan tangga kepemimpinan yang berawal dari tangga kepemimpinan dicintai, kepemimpinan dipercaya, kepemimpinan pembimbing. Kemudian kepemimpinan berkepribadian, dan terakhir puncak kepemimpinan tertinggi, yaitu pemimpin abadi. Kepemimpinan abadi adalah kepemimpinan yang melibatkan semua potensi kecerdasannya dalam mengjalankan amanah sebagai seorang pemimpin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief M.Si
Uncontrolled Keywords: kepemimpinan ESQ Ary Ginanjar Agustian, kepemimpinan, pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 30 Aug 2012 14:39
Last Modified: 17 Mar 2017 01:49
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3790

Actions (login required)

View Item View Item