PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SISWA SD NEGERI MENDUNGAN 2 YOGYAKARTA

Lazuardi Agshat Sukmawan, NIM. 15410085 (2019) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SISWA SD NEGERI MENDUNGAN 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SISWA SD NEGERI MENDUNGAN 2 YOGYAKARTA)
15410085_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS AFEKSI DALAM MENINGKATKAN PENGAMALAN IBADAH SISWA SD NEGERI MENDUNGAN 2 YOGYAKARTA)
15410085_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan pada keprihatinan dekandensi moral dan semakin menjauhnya generasi Islam dari ajaran Islam itu sendiri, serta ketidakmampuan baca tulis Alquran juga rendahnya rasa simpati kepada kesalihan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis Afeksi di SD Negeri Mendungan 2 dan bagaimana nilai afeksi dalam meningkatkan pengamalan ibadah siswa di SD Negeri Mendungan 2, serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan nilai-nilai pendidikan Agama Islam berbasis afeksi di SD Negeri Mendungan 2. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi agama. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 dan kelas 5 serta guru mata pelajaran pendidikan agama Islam. Metode analisis data penelitian, peneliti menggunakan analisis dekriptif kualtitatif yaitu setelah pengumpulan data dan menyeleksi data, peneliti mencoba melakukan penyerdehanaan data ke dalam bentuk paparan untuk memudahkan pembaca dalam memahami, kemudian di interpretasikan dengan jelas untuk menjawab permasalahan yang diajukan, dapat dipaparkan sedetail mungkin dengan uraian-uraian serta analisis kualitatif dengan langkah-langkah induktif yaitu menganalisis dari hal-hal yang bersifat khusus kemudian diambil kesimpulan yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Proses pembelajaran PAI berbasis afeksi di SD Negeri Mendungan 2 memerlukan kesiapan dari beberapa stakeholder yaitu guru PAI 2) Hasil pembelajaran afeksi dalam meningkatkan pengamalan ibadah siswa di SD Negeri Mendungan 2 adalah dapat membantu peserta didik untuk lebih mudah dalam memahami dan menghayati nilai-nilai Afeksi sehingga melalui pemahaman tentang nilai-nilai pendidikan Islam peserta didik dapat membiasakan dirinya untuk mengaplikasikan pengamalan ibadah yang ditinjau dari aspek akidah, akhlaq, ibadah dan muamalah, yang tercermin dalam sikap jujur, optimis, toleransi, dermawan, silaturrahmi, tawakal, ikhlas, mencintai kebersihan, dan lain sebagainya, yang sekaligus dapat menjadi landasan peserta didik dalam praktik kehidupan sehari-hari. Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Afeksi, Ibadah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Moch. Fuad, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Afeksi, Ibadah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:51
Last Modified: 03 Feb 2020 08:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37904

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum