IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MI NURUL ISLAM BENDO SUKODONO SRAGEN

Fitriana Nur Hidayah, NIM. 15410088 (2019) IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MI NURUL ISLAM BENDO SUKODONO SRAGEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MI NURUL ISLAM BENDO SUKODONO SRAGEN)
15410088_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE PEMBIASAAN DALAM MENANAMKAN AKHLAKUL KARIMAH SISWA DI MI NURUL ISLAM BENDO SUKODONO SRAGEN)
15410088_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah masih rendahnya akhlakul karimah peserta didik MI Nurul Islam Bendo dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu upaya dalam menanamkan akhlakul karimah peserta didik yaitu dengan menerapkan kegiatan-kegiatan pembiasaan yang positif dan sesuai dengan ajaran agama Islam untuk menunjang terwujudnya akhlakul karimah pada setiap peserta didik. Namun, pada kenyataannya masih ada beberapa peserta didik yang belum ada kesadaran diri dan masih melanggar peraturan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan-kegiatan pembiasaan dalam menanamkan akhlakul karimah siswa di MI Nurul Islam dan bagaimana hasil dari kegiatan pembiasaan tersebut serta faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan kegiatan pembiasaan di MI Nurul Islam Bendo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan psikologi pendidikan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian Dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan metode pembiasaan dalam menanamkan akhlakul karimah di MI Nurul Islam Bendo berupa kegiatan pembiasaan 5S (senyum, salam, sapa, sopan dan santun), Shalat duha, Shalat zuhur berjama‟ah, Hafalan juz‟amma (tahfiz), Pembelajaran Al Quran, Infaq, Adab makan, Menjaga kebersihan lingkungan dan Safari duha. 2) Hasil dari kegiatan pembiasaan belum optimal. 3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan metode pembiasaan antara lain dukungan pihak madrasah, visi misi madrasah dan manajemen waktu. Sedangkan faktor penghambatnya meliputi kurangnya motivasi dan minat siswa, pembiasaan yang masih mekanistis atau belum disertai kata hati siswa, siswa yang terlalu aktif, guru yang masih kurang dalam memberikan bimbingan kepada siswa, guru belum konsekuen dan tegas kepada siswa, fasilitas dari madrasah yang kurang memadai, teman sebaya, latar belakang dan kurangnya dukungan dari keluarga. Kata kunci: Metode Pembiasaan, Akhlakul Karimah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Prof. Dr. Sangkot Sirait, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Metode Pembiasaan, Akhlakul Karimah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Akhlak - Etika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:50
Last Modified: 03 Feb 2020 08:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37905

Actions (login required)

View Item View Item