PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMP N 3 DEPOK DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Putri Puthu Sundari, NIM. 15410090 (2019) PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMP N 3 DEPOK DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMP N 3 DEPOK DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410090_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI TOLERANSI BERAGAMA DI SMP N 3 DEPOK DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya penerapan sikap toleransi beragama di dalam lingkungan sekolah, terutama untuk sekolah negeri. Masalah yang menjadi fokus penelitian yaitu penanaman nilai toleransi beragama di SMP N 3 Depok, cara mewujudkan toleransi beragama di SMP N 3 Depok, dan toleransi beragama dilihat dari perspektif Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research. Adapun dalam pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitiatif, oleh sebab itu kehadiran peneliti di lapangan sangat penting. Peneliti bertindak langsung sebagai instrumen, sebagai pengumpul data dalam observasi dan peneliti melakukan wawancara secara mendalam terhadap narasumber. Data yang didapat berupa kata-kata dari para informan dan hasil pengamatan dari peneliti serta data tambahan berupa dokumen terkait toleransi. Analisis data dilakukan dengan cara menelaah data yang ada, lalu melakukan reduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan serta pada tahap akhir dari analisa data ini yaitu dengan mengadakan keabsahan data dengan menggunakan ketekunan pengamatan trianggulasi. Dari hasil penelitian terkait penanaman nilai toleransi beragama di SMP N 3 Depok ditinjau dari perspektif Pendidikan Agama Islam menunjukkan bahwa: (1) Penanaman nilai toleransi beragama di SMP N 3 Depok dengan menyadarkan kepada warga sekolah akan pentingnya sikap toleransi di dalam lingkungan yang beranekaragam. Dalam bentuk berbagai kegiatan yang telah difasilitiasi oleh sekolah. (2) Cara mewujudkan toleransi beragama di SMP N 3 Depok dengan adanya peraturan tertulis dan tidak tertulis mengenai toleransi beragama serta dengan menegakkan Hak dan Kewajiban setiap warga sekolah. (3) Toleransi beragama di SMP N 3 Depok ditinjau dari perspektif Pendidikan Agama Islam yaitu dengan memposisikan diri untuk bersikap baik dalam berinteraksi, bersaudara, bekerjasama, dan rasa peduli kepada semua warga sekolah. Akan tetapi dalam beribadah harus menjalankannya sesuai dengan kepercayaan masingmasing. Kata Kunci : Penanaman nilai toleransi beragama, cara mewujudkan, Toleransi beragama ditinjau dari perspektif Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Karwadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman nilai toleransi beragama, cara mewujudkan, Toleransi beragama ditinjau dari perspektif Pendidikan Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:49
Last Modified: 03 Feb 2020 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37906

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum