PENDEKATAN RELIGIUS DALAM REHABILITASI BAGI MANTAN PENGGUNA NAPZA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di Pondok Rehabilitasi Tetirah Dzikir Kuton Berbah Sleman)

Laras Setia Ranti, NIM. 15410095 (2019) PENDEKATAN RELIGIUS DALAM REHABILITASI BAGI MANTAN PENGGUNA NAPZA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di Pondok Rehabilitasi Tetirah Dzikir Kuton Berbah Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENDEKATAN RELIGIUS DALAM REHABILITASI BAGI MANTAN PENGGUNA NAPZA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di Pondok Rehabilitasi Tetirah Dzikir Kuton Berbah Sleman))
15410095_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENDEKATAN RELIGIUS DALAM REHABILITASI BAGI MANTAN PENGGUNA NAPZA DITINJAU DARI PERSPEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (Studi di Pondok Rehabilitasi Tetirah Dzikir Kuton Berbah Sleman))
15410095_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya mengkaji bagaimana pendekatan religius dalam menangani rehabilitasi korban pengguna NAPZA dan bagaimana implikasi metode-metode dalam rehabilitasi jika dilihat dari sudut (perspektif) Agama Islam. Jika ditinjau dari perspektif Agama Islam maka dapat diambil tiga dasarnya yaitu Aqidah, Akhlak dan Syariah. Untuk itu pendekatan religius yang digunakan dalam metode ini sangatlah menarik untuk dibahas. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan yang ebrsifat keagamaan yatitu yang berpegang pada Al Quran dan Al Hadits. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan data penelitian dianalisis menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) tahapan metode dalam rehabilitasi tersebut terbagi menjadi dua yaitu secara rohani (mandi taubat, sholat, dzikir, puasa, khataman dan manaqiban) dan secara jasmani (olahraga, bekam dan kerja bakti). 2) pengaruhnya terhadap santri binaan sebelum dan sesudah direhabilitasi sangatlah jauh berbeda (bertaubat, semakin dekat kepada Allah SWT, melakukan ibadah-ibadah yang sudah diajarkan di Pondok dan lebih sehat dan bugar dari kedaan fisik. 3) dari perspektif Pendidikan Agama Islam yaitu Aqidah (semakin percaya bahwa setiap apa yang dilakukan selalu dalam pengawasan Allah SWT), Akhlak (perbuatan baik akan selalu mengantarkan kepada kebajikan dan sebaliknya perbuatan buruk akan mengantarkan kepada penyesalan semata), dan Syariah (segala amal perbuatan dan ibadah yang dilakukan, impasnya akan kembali kepada diri kita sendiri). 4) Faktor Pendukung: a) Lokasi yang strategis, memudahkan akses kemanapun; b)Tenaga sukarelawan dari santri binaan yang sudah sembuh, sangat membantu mengontrol keadaan disana; c) Kerjasama yang bagus dari pada para Ustaz/Pembina Keagaaman dalam membina dan mengawssi para santri; d) Jadwal yang sudah terstruktrur dan terorganisir memudahkan dalam penyampaian metode dan materi keagamaan kepada santri binaan); e) Kegigihan dari pihak pengasuh dan pengurus, mereka tidak pernah putus asa meskipun dalam kondisi yang terbatas. 5) Faktor Penghambat: a) Kurangnya sumber dana untuk membantu keuangan Pondok, karena ada beberapa keluarga dari santri hanya membayar tanggungan yang biayakan dengan seikhlasnya saja; b) Minimnya sosialisai dari pihak Dinas Sosial dan BNN Kabupaten maupun Provinsi; c) Kurangnya perhatian dari pihak Pemerintah Daerah maupun Nasional; d) Kondisi beberapa santri binaan yang kurang stabil, seringkali kabur dan berontak. Kata kunci: Pendekatan Religius, Rehabilitasi, Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Nur Hamidi, MA
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Religius, Rehabilitasi, Agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Agama (Religion)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:47
Last Modified: 03 Feb 2020 08:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37909

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum