Pemikiran Pendidikan Muhammad Natsir: Menuju Pendidikan yang Integral, Harmonis, dan Universal

Munip, Abdul (2012) Pemikiran Pendidikan Muhammad Natsir: Menuju Pendidikan yang Integral, Harmonis, dan Universal. In: Antologi Pemikiran Pendidikan Islam Tokoh Indonesia. Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. ISBN 979-3921-86-2

[img]
Preview
Text
Pemikiran Pendidikan Muhammad Natsir Menuju Pendidikan yang Integral, Harmonis, dan Universal.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Sesungguhnya pemikiran pendidikan Natsir banyak dipengaruhi oleh para pemikir Islam sebelumnya, seperti al-Ghazali, terutama dalam penggunaan term fardlu ain dan fardlu kifayah terhadap kewajiban mendidik anak. Model dan corak pemikiran pendidikan Natsir juga hampir sama dengan para pemikir pendidikan Islam yang bercorak fiqhiyah, seperti Ibn Sahnun, al-Qabisi, asy-Syathibi, al-Ghazali dan az-Zarnuji. Ciri lain pemikiran Natsir adalah konsistensinya dalam pendidikan Islam sebagai pijakan dalam segala aspek, baik politik maupun pendidikan. Di bidang pendidikan, gagasan beliau tentang pendidikan yang bersifat integral, harmonis, dan universal adalah cerminan sikap konsistesni beliau dalam menjadikan Islam sebagai basis aktifitas dan intelektualnya.

Item Type: Book Section
Uncontrolled Keywords: Pemikiran Pendidikan, Muhammad Natsir, Pendidikan yang Integral
Subjects: Biografi Tokoh
Islam dan Pemikiran
ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Buku
Depositing User / Editor: Abdul Munip
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:32
Last Modified: 03 Feb 2020 14:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37911

Actions (login required)

View Item View Item