POLA ASUH ORANG TUA SINGLE PARENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK DI TK ABA JANTURAN UMBULHARJO YOGYAKARTA

Erlina Setyani, NIM. 15430077 (2019) POLA ASUH ORANG TUA SINGLE PARENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK DI TK ABA JANTURAN UMBULHARJO YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (POLA ASUH ORANG TUA SINGLE PARENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK DI TK ABA JANTURAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
15430077_HALAMAN JUDUL_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (POLA ASUH ORANG TUA SINGLE PARENT DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSI ANAK DI TK ABA JANTURAN UMBULHARJO YOGYAKARTA)
15430077_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi langsung, wawancara tidak terstruktur, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksi, menyusun dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi teknik dan sumber. Penelitian ini dilarat belakangi dengan berbagai macam pola asuh orang tua single parent yang ada di TK ABA Janturan Umbulharjo Yogyakarta serta bagaimana dampak perkembangan sosial emosi anak yang dibesarkan oleh orang tua single parent. Informan dalam penelitian ini adalah orang tua single parent, guru dan anak didik yang ada di TK ABA Janturan Umbulharjo Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan ada dua tipe pola asuh, yaitu: (1) Pola asuh orang tua single parent dengan tipe demokratis menunjukkan bahwa orang tua selalu melakukan komunikasi dengan anak, orang tua selalu memperhatikan perkembangan anak, anak selalu menaati aturan yang sudah disepakati bersama, anak menghargai setiap pujian yang diberikan orang tua, dan orang tua dan anak memiliki hubuangn yang baik didalam keluarga. Pola asuh orang tua single parent dengan tipe otoriter menunjukkan bahwa, orang tua menuntut anak untuk selalu menaati aturan yang sudah dibuat, orang tua tidak memberikan kebebasan kepada anak dan bersifat membatasi. (2) Perkembangan sosial emosi anak dari orang tua demokratis adalah, anak mudah bersosial, percaya diri, mandiri, disiplin dan bertanggung jawab. Perkembangan sosial emosi anak dari orang tua otoriter adalah, anak kurang bisa bersikap dewasa, kurang berinteraksi dengan teman, kurang bertanggung jawab, mudah menangis, mudah tersinggung, kurang disiplin dan kurang mandiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Dr. Hj. Hibana Yusuf, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Orang Tua Single Parent, Sosial Emosi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S2)
Depositing User / Editor: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 08:40
Last Modified: 03 Feb 2020 08:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37914

Actions (login required)

View Item View Item