UPAYA GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AR-RAHMAH PAPRINGAN YOGYAKARTA

EDI SULIS PURWANTO - NIM. 05410132, (2010) UPAYA GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AR-RAHMAH PAPRINGAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (UPAYA GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AR-RAHMAH PAPRINGAN YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1169Kb)
[img] Text (UPAYA GURU DALAM MELATIH KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI DI TK ISLAM AR-RAHMAH PAPRINGAN YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (235Kb)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwasanya seorang anak ketika sudah memasuki jenjang pendidikan prasekolah yaitu usia 5-6 tahun (tk 0 besar), idealnya anak seusia itu sudah bisa belajar hidup mandiri, tidak manja, tidak cengeng dan berani belajar sendiri tanpa harus didampingi setiap hari di sekolah. Namun kenyataannya masih terdapat hampir separuh dari siswa yang belum mandiri masih penakut, manja, cengeng, pemalu, bahkan nakal, tidak mau ditinggal orang tuanya. Hal tersebut akan terbawa anak sampai dewasa apbila dibiarkan tidak dilatih dan dibiasakan untuk hidup mandiri sejak dini. Ada metode khusus yang diterapkan untuk melatih kemandirian anak usia dini TK Islam Ar-Rahmah Papringan Yogyakarta. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Apakah dari sekian metode yang diterapkan pada TK Islam Ar-Rahmah sudah mampu membentuk dan melatih kemandirian anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan oleh TK Islam Ar-Rahmah Papringan Yogyakatra dalam melatih kemandirian anak sejak dini. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) berjenis Kualitatif, yaitu penyusun datang langsung ke tempat penelitian untuk melakukan pengamatan dan mengadakan dokumentasi. Data yang penulis peroleh dari lapangan kemudian diolah disusun, kemudian dilaporkan secara cermat dan teliti. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan secara Psikologis dan Pedagogis. Penedekatan psikologis adalah pendekatan dengan ilmu jiwa. Artinya pendidikan anak usia dini dilakukan dengan memberikan contoh secara langsung maupun tidak langsung atau dengan sikap empati dan simpati pada anak. Pendekatan Pedagogis adalah pendekatan dengan cara pendidikan. Artinya adalah upaya nyata serius dan sistematis di dalam mendidikan anak Dalam hal ini meneliti tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran yang diterapkan TK Ar-Rahmah dalam melatih kemandirian anak usia dini, peningkatan kemampuan dilihat dari strategi pembelajaran (model pembelajaran) yang diterapkan sehingga mampu mencetak atau membentuk anak yang mandiri dalam segala hal, faktor yang menjadi pendukung dalam proses blajar mengajar, faktor yang menjadi penghambat, serta memberikan solusi atau penyelesaianya terhadap hambatan yang ia hadapi dalam melatih kemandirian anak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara mengadakan pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Kemudian melakukan analisis terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan memberikan makna serta dapat diambil kesimpulan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Mujahid, M.Ag
Uncontrolled Keywords: kemandirian anak usia dini, pembelajaran TK Islam Ar-Rahmah
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 11 Sep 2012 15:13
Last Modified: 11 Sep 2012 15:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3792

Actions (login required)

View Item View Item