EFEKTIVITAS METODE AL BAGHDADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI (3-6 TAHUN) DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAWAR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

ARI YUDINA RAMADHANI, NIM.15430089 (2019) EFEKTIVITAS METODE AL BAGHDADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI (3-6 TAHUN) DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAWAR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE AL BAGHDADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI (3-6 TAHUN) DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAWAR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
15430089_BAB-I_atau_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (14MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE AL BAGHDADI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN PADA ANAK USIA DINI (3-6 TAHUN) DI MADRASAH DINIYAH AL-MUNAWAR BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
15430089_BAB-II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERKAHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Latar belakang Penelitian ini dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memberantas buta huruf terhadap Al Quran sejak dini. Hal ini dikarenakan kegelisahan peneliti yang melihat kenyataan yang ada di lapangan cenderung banyak orang yang belum bisa membaca Al Quran untuk berbagai kalangan baik itu kanak-kanak, remaja, bahkan orang dewasa. Peneliti khawatir jika hal ini dibiarkan orang yang tidak bisa membaca Al Quran akan semakin banyak. Peneliti berpendapat pemberantasan buta huruf terhadap Al Quran ini akan efektif sekali diberikan semenjak dini. Oleh karena itu, salah satu solusinya dengan menerapkan Metode Bil Ḥikmah dalam pembelajaran membaca Al Quran Anak Usia Dini. Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran secara aktual dan faktual mengenai tingkat perkembangan kemampuan membaca Al Quran anak setelah diberi perlakuan dengan menggunakan Metode Al Baghdadi. Penelitian ini dilakukan secara klasikal kepada anak-anak di Madrasah Al Munawar Rejosari Jogotirto Berbah Sleman. Penerapan Metode Al Baghdadi digolongkan menjadi tiga kegiatan yaitu kegiatan awal, inti, akhir. Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan Metode Al Baghdadi terhadap peningkatan kemampuan yang dikuasai oleh anak dalam membaca Al Quran anak dalam waktu yang relatif singkat. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif, dengan mengambil latar belakang Madrasah Al Munawar Rejosari Jogotirto Berbah Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data xi dilakukan dengan memberi makna atau penafsiran terhadap data yang berhasil dikumpulkan dan dari makna itu ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian ini menjawab persoalan bahwa Metode Baghdadi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam membantu meningkatkan kemampuan membaca Al Quran usia dini. Hasil penelitian ini direkomendasikan untuk guru dapat menggunakan Metode Al Baghdadi dalam pembelajarannya serta media, sehingga Metode Al Baghdadi ini menjadi satu kesatuan yang saling mendukung sehingga berjalan optimal dalam mengefektifkan tingkat kemampuan membaca Al Quran anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Lailatu Rohmah, S.Pd.I., M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode Al Baghdadi , Kemampuan Membaca Al Quran.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 10:36
Last Modified: 03 Feb 2020 10:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37927

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum