PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN UCAPAN TOLONG, MAAF, DAN TERIMAKASIH KELOMPOK A TK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL

Fitriani, NIM. 15430102 (2019) PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN UCAPAN TOLONG, MAAF, DAN TERIMAKASIH KELOMPOK A TK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN UCAPAN TOLONG, MAAF, DAN TERIMAKASIH KELOMPOK A TK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL)
15430102_BAB-I_ATAU_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN PERKEMBANGAN MORAL ANAK MELALUI PEMBIASAAN UCAPAN TOLONG, MAAF, DAN TERIMAKASIH KELOMPOK A TK AN-NUR COLO PANJANGREJO PUNDONG BANTUL)
15430102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah Perkembangan moral melalui pembiasaan, ada beberapa anak yang belum terbiasa dengan kata tolong, maaf, dan terimakasih, hal itu tampak ketika kegiatan bermain, mayoritas anak masih berebut mainan dengan temannya. Kemudian tingkat kerjasama anak dan tolong menolong masih rendah. Ketika membereskan mainan, mayoritas anak tidak mau ikut serta membereskan mainan secara bersama-sama, anak tidak meminta tolong untuk membuka botol minumannya, anak belum terbiasa mengucapkan terimakasih setelah dibantu oleh gurunya, anak tidak meminta maaf ketika membuat kesalahan ke temannya. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: Bagaimana penerapan perkembangan moral pada anak melalui pembiasaan ucapan tolong, maaf dan terimakasih di kelompok A TK An-Nur Colo Panjangrejo Pundong Bantul, serta apa yang menjadi faktor pendukung dan penghambat dalam pembiasaan moral pada anak di kelompok A TK An-Nur Colo Panjangrejo Pundong Bantul. Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar TK A-Nur Colo Panjangrejo Pundong Kelompok A. Subyek penelitian ini adalah anak-anak TK An-Nur Colo Panajangrejo Pundong kelompok A (usia 4 – 5 tahun) yang berjumlah 17 yaitu 10 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan mengadakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan: (1) pembiasaan yang dilakukan dengan cara membiasakan anak untuk saling bertegur sapa ketika saling bertemu satu sama lain, meminta tolong ketika memerlukan bantuan, meminta maaf ketika membuat kesalahan, dan menngucapkan terimakasih ketika di bantu. (2) Hasil dari perkembangan moral anak di kelas A seimbang antara anak yang mampu menerapkan perilaku baik dan buruk. Anak yang mampu berperilaku baik belum tentu memiliki prestasi yang baik dalam hal kognitif. Namun dalam proses penerimaannya, anak yang mampu menerima perkembangan moral akan lebih serius dan bersungguh-sungguh dalam proses pembelajaran, sehingga tercipta kelas yang kondusif. Anak yang mampu menerima perkembangan moral melalui pembiasaan akan lebih santun dan menghormati orang lain. (3) Faktor pendukung dan penghambat xii perkembangan moral melalui pembiasaan adalah Guru yang koperatif dan menjadi fasilitator bagi siswa, Orang tua dan lingkungan yang kondusif, Sarana dan prasarana sekolah yang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Nadlifah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Moral, Pembiasaan, Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Feb 2020 11:14
Last Modified: 03 Feb 2020 11:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37934

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum