KONSEP KEPEMIMPINAN KH. ALI MAKSUM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

MUHAMMAD „AINUN NA‟IIM, NIM. 15410100 (2019) KONSEP KEPEMIMPINAN KH. ALI MAKSUM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (KONSEP KEPEMIMPINAN KH. ALI MAKSUM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410100_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KONSEP KEPEMIMPINAN KH. ALI MAKSUM DAN RELEVANSINYA DENGAN KOMPETENSI KEPEMIMPINAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
15410100_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah di era modern, tuntutan akan kebutuhan sosok teladan (role model) seorang pemimpin menjadi sangat penting. Keteladanan merupakan keharusan bagi semua guru, terlebih guru PAI. Guru PAI mempunyai dua peran yaitu sebagai pendidik dan seorang yang paham agama di masyarakat. Salah satu cara untuk membentuk sikap keteladanan yaitu dengan menanamkan jiwa kepemimpinan (leadership) yang merupakan kompetensi wajib guru PAI sebagaimana termaktub dalam Permenag RI Nomor 16 Tahun 2010. Dewasa ini tidak sedikit guru yang kurang mampu menjiwai integritasnya sebagai seorang guru, hal ini dapat dilihat dari berbagai kasus negatif yang menimpa guru. KH. Ali Maksum merupakan seorang tokoh ulama‟ sekaligus pemimpin pesantren dan pemimpin organisasi terbesar di Indonesia (NU). Tokoh yang dimaksud dapat menjadi model bagi masyarakat dan guru sebagai seorang pendidik. Lebih fokus lagi dapat menjadi model bagi guru PAI dilihat dari perspektif kepemimpinan tokoh tersebut. Oleh karena itu sangat penting diadakan penelitian tokoh terkait relevansi konsep kepemimpinan KH. Ali Maksum dengan kompetensi kepemimpinan guru PAI. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui konsep kepemimpinan KH. Ali Maksum dan relevansinya dengan kompetensi kepemimpinan guru PAI. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (Library Research) studi tokoh dan penelitan lapangan (field research). Pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi dan wawancara (interview). Metode analisis data menggunakan pendekatan sejarah (historis approach) dan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian ini adalah: pertama, konsep kepemimpinan KH. Ali Maksum didasarkan atas; 1) Pentingnya nilai keteladanan seorang pemimpin (Role Model), 2) Gaya kepemimpinan demokratis-transformasional, 3) Konsep Idealitas pemimpin, 4) Pentingnya kaderisasi dalam kepemimpinan, 5) Orientasi tujuan (visioner), 6) Prinsip dasar tentang peran pemimpin dalam penyelesaian konflik (problem solver) dan manajemen konflik, 7) Pengejawantahan nilai-nilai persaudaraan dalam organisasi, dan 8) Bekal berorganisasi (urgensi motivasi). Kedua, konsep kepemimpinan KH. Ali Maksum relevan dengan kompetensi viii kepemimpinan guru PAI yaitu kemampuan dalam hal membuat perencanaan (planning); kemampuan mengorganisasikan (organizing); kemampuan menjadi inovator, motivator, fasilitator, pembimbing dan konselor (actuating); dan kemampuan menjaga, mengendalikan, dan mengarahkan (controlling). Kata Kunci : Konsep Kepemimpinan, KH. Ali Maksum, Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nur Saidah M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Konsep Kepemimpinan, KH. Ali Maksum, Kompetensi Kepemimpinan Guru PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:24
Last Modified: 03 Jul 2020 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37958

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum