ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIROSAH ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG

IQBAL FAZA AHMAD, NIM: 15410121 (2019) ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIROSAH ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIROSAH ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG)
15410121_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) PADA SOAL UJIAN AKHIR SISWA KELAS 6 KMI DALAM KELOMPOK MATA PELAJARAN DIROSAH ISLAMIYAH DI PONDOK MODERN TAZAKKA BATANG)
15410121_BAB II_S.D._BAB_SEBELUM_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan Pondok Pesantren melalui sistem muadalah memiliki status setara dengan pendidikan formal pada umumnya. Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pengembangan kurikulum selalu menjadi agenda jangka panjang. Demikian juga dengan sistem penilaian yang digunakan dalam kurikulum 2013 telah mengadopsi model penilaian berstandar internasioanal, salah satunya dengan penilaian yang menekankan pada kemampuan berfikir tingkat tinggi (Higher Order Thinking Skills/HOTS). Pengembangan HOTS juga menjadi salah satu fokus agenda pendidikan agama di Kementrian Agama dalam penilaian Pendidikan Agama Islam (PAI) di madrasah. Sejalan dengan hal tersebut, Pondok Modern Tazakka yang berstatus muadalah memiliki kebijakan mandiri terkait dengan pengembangan kurikulum dan sistem penilaian yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter HOTS yang terdapat pada soal Ujian Akhir kelompok mata pelajaran Dirosah Islamiyah di Pondok Modern Tazakka. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, dengan metode pengumpulan data wawancara dan dokumentasi, uji keabsahan xi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, analisis data dilakukan dengan transcript, coding, dan verification. Hasil penelitian menunjukan bahawa: 1) Komposisi soal mata pelajaran Tauhid, Fiqih dan Tarikh Islam pada ujian akhir siswa kelas 6 KMI di Pondok Modern Tazakka berdasarkan kategori proses kognitif taksonomi Bloom lebih dominan berada pada kategori C1 dan C2 atau kategori mengingat dan memahami, hanya sedikit yang berada pada kategori C3, C4 dan C5, dan tidak ada butir soal yang berada pada kategori C6. 2) Karakter HOTS yang terdapat pada soal ujian, pada mata pelajaran Tauhid, dari 23 butir soal hanya 12 butir soal yang memiliki karakter HOTS dengan indikator mengukur kemampuan berargumentasi dan satu soal yang berkaitan dengan permasalahan kontekstual. Pada mata pelajaran Fiqih, dari 26 butir soal, 18 diantaranya memiliki karakter HOTS dengan indikator mengukur kemampuan berpikir kritis, berargumentasi, pengambilan keputusan dan pememcahan masalah, serta 16 butir soal yang terkait dengan permasalahan kontekstual. Pada mata pelajaran Tarikh Islam, dari 25 butir soal, hanya 6 butir soal yang memiliki muatan karakter HOTS dengan indikator mengukur kemampuan berpikir kritis dan berargumentasi, dan tidak ada butir soal yang mengubungkan dengan permasalahan kontekstual. Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, Dirosah Islamiyah, Pondok Modern

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sukiman, S. Ag., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Higher Order Thinking Skill, Dirosah Islamiyah, Pondok Modern
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:25
Last Modified: 03 Jul 2020 10:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37969

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum