MOTIVASI ORANG TUA MUSLIM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON MUSLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus Pada Orang Tua Muslim di SD Kanisius Kadirojo Kalasan Sleman)

MARIA ULFA, NIM: 15410143 (2019) MOTIVASI ORANG TUA MUSLIM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON MUSLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus Pada Orang Tua Muslim di SD Kanisius Kadirojo Kalasan Sleman). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI ORANG TUA MUSLIM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON MUSLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus Pada Orang Tua Muslim di SD Kanisius Kadirojo Kalasan Sleman))
15410143_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (38MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI ORANG TUA MUSLIM MENYEKOLAHKAN ANAKNYA DI LEMBAGA PENDIDIKAN NON MUSLIM DAN IMPLIKASINYA TERHADAP TINGKAH LAKU KEAGAMAAN ANAK (Studi Kasus Pada Orang Tua Muslim di SD Kanisius Kadirojo Kalasan Sleman))
15410143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (2MB)

Abstract

Lembaga Pendidikan Non Muslim seperti SD Kanisius Kadirojo bernaung dibawah Yayasan Kanisius yang didalamnya terdapat siswa dengan beberapa latar belakang agama yaitu Katolik, Kristen, dan Islam. Salah satu hal yang menjadi titik perhatian adalah motivasi para orang tua muslim yang menyekolahkan anaknya di SD Kanisius Kadirojo mengingat sekolah tersebut merupakan sekolah Katolik. Motivasi orang tua tersebut kemudian dikaitkan apakah memberikan implikasi kepada tingkah laku keagamaan anak muslim yang bersekolah di SD Kanisius Kadirojo atau tidak. Dua orang tua muslim dan dua anak yang menjadi subyek dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi keilmuan dibidang Pendidikan Agama Islam khususnya bagi orang tua dalam memilihkan lembaga pendidikan untuk anaknya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Penelitian studi kasus merupakan penelitian yang meneliti fenomena kontemporer secara utuh dan menyeluruh pada kondisi yang sebenarnya, dengan menggunakan berbagai bentuk data kualitatif. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah; observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah; reduksi data, penyajian data, ferivikasi data, dan pengujian keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Motivasi orang tua muslim menyekolahkan anaknya di lembaga pendidikan non muslim agar anak mendapat penanaman kedisiplinan dan agar anak mendapat pemahaman tentang toleransi. Sedangkan motivasi ekstrinsiknya karena SD Kanisius Kadirojo memiliki prestasi Sekolah Adiwiyata Mandiri (penghargaan diberikan langsung oleh presiden), sekolah memiliki ekstrakulikuler yang dapat memfasilitasi bakat dan minat anak dan penambahan gedung sekolah seiring bertambahnya jumlah peserta didik. (2) Tingkah laku keagamaan Kayana dan Pasqa dalam lima dimensi menunjukkan hasil yang sama yaitu; keyakinan yang lemah, praktik keagamaan yang buruk, pengalaman keagamaan yang buruk, pengetahuan yang keagamaan yang buruk, dan pengamalan keagamaan yang baik. (3) Implikiasi motivasi orang tua muslim menyekolahkan anaknya di SD Kanisius Kadirojo terhadap tingkah laku keagamaan anak yaitu: membuat lemahnya keyakinan anak kepada agama Islam yang dianutnya, buruknya intensitas praktik agama anak, buruknya kualitas kedekatan anak dengan Allah, buruknya pengetahuan anak tentang pengetahuan dasar dalam Islam, baiknya tingkat xi kedisiplinan dan pemahaman toleransi beragama pada anak yang ditunjukkan dengan sikap bekerjasama, suka menolong, dan bertanggung jawab. Kata Kunci : Motivasi, orang tua muslim, implikasi, tingkah laku keagamaan, anak

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Drs. Sarjono, M.Si
Uncontrolled Keywords: Motivasi, orang tua muslim, implikasi, tingkah laku keagamaan, anak
Subjects: ISLAM DAN PENDIDIKAN
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:27
Last Modified: 03 Jul 2020 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37982

Actions (login required)

View Item View Item