PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN OLAHRAGA RENANG DAN PANAHAN DI KELAS II DAN III SD TELADAN YOGYAKARTA

AZRIYAH, NIM: 15410145 (2019) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN OLAHRAGA RENANG DAN PANAHAN DI KELAS II DAN III SD TELADAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN OLAHRAGA RENANG DAN PANAHAN DI KELAS II DAN III SD TELADAN YOGYAKARTA)
15410145_BAB-I_IV-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM EKSTRAKURIKULER PENDIDIKAN OLAHRAGA RENANG DAN PANAHAN DI KELAS II DAN III SD TELADAN YOGYAKARTA)
15410145_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi hal yang penting yang harus ditanamkan kepada diri siswa sedini mungkin. Penanaman nilai-nilai PAI sedini mungkin sebagai upaya untuk membentengi diri siswa dari hal-hal negatif akibat dari kemajuan globalisasi. Pada umumnya nilai-nilai PAI ditanamkan di kelas melalui pembelajaran maupun melalui kebiasaan di sekolah yang diwajibkan. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui bagaimana proses penanaman PAI yang dilakukan di dalam sebuah kegiatan ekstrakurikuler olahraga yang di mana olahraga tersebut merupakan olahraga yang disunnahkan oleh Rasulullah, yakni olahraga renang dan panahan. Kegiatan tersebut termasuk ekstrakurikuler yang bernama Pendidikan Olahraga Renang dan Panahan (PORP). Melalui kegiatan ekstrakurikuler PORP SD Teladan Yogyakarta berusaha untuk menanamkan nilai-nilai PAI sebagai upaya membentengi siswa dari kemajuan globalisasi yang bersifat negatif. Hal yang menjadi masalah penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler Pendidikan Olahraga Renang dan Panahan (PORP) ? apa saja nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang terkandung di dalam ekstrakurikuler PORP ? dan metode apakah yang digunakan dalam penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam dalam ekstrakurikuler PORP ? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Teladan Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data xii dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, memberikan makna terhadap data yang telah berhasil dikumpulkan, dan kemudian dari data tersebut menjadi sebuah kesimpulan. Penelitian ini menunjukan terjadinya proses penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam yang berjalan efektif. Hasil penelitian ini adalah (1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler PORP yaitu pengkondisian siswa, pembukaan, pemberian materi, pemanasan, praktek di lapangan, pendinginan, evaluasi dan penutup. (2) nilai-nilai yang ada di dalam kegiatan ekstrakurikuler PORP yaitu meliputi akidah, syariat, dan akhlak. (3) metode penanaman nilai-nilai Pendidikan Agama Islam melalui beberapa metode yaitu metode kisah, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode targhib dan tarhib, metode pemberian nasihat, dan metode bimbingan. Kata kunci: ekstrakurikuler PORP, nilai-nilai PAI, dan metode penanaman nilai-nilai PAI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Indra Fajar Nurdin, S.Pd., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: ekstrakurikuler PORP, nilai-nilai PAI, dan metode penanaman nilai-nilai PAI.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:27
Last Modified: 03 Jul 2020 10:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37984

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum