PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM METODE SOROGAN PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

Imam Royani, NIM: 15410156 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM METODE SOROGAN PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM METODE SOROGAN PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
15410156_BAB 1_IV ATAU V_ DAFTAR-PUSTAKA .pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DALAM METODE SOROGAN PERSPEKTIF KURIKULUM 2013 DI MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA)
15410156_BAB II_sampai-SEBELUM-NAN-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada dunia pesantren, terdapat beberapa metode pembelajaran tradisional yang sampai saat ini masih digunakan untuk proses pembelajaran. Salah satu dari metode tersebut yaitu metode sorogan. Metode pembelajaran di Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta masih menggunakan metode pembelajaran tradisional yang menjadi ciri khas pembelajaran di pesantren salafiyah yaitu dengan model pembelajaran sorogan. Metode pembelajaran sorogan ini biasanya diterapkan pada kitab-kitab fikih, salah satunya diterapkan pada kitab fath al-qarib dengan harapan santri akan lebih cepat dapat membaca kitab kuning. Pada metode sorogan sangat ditekankan santri yang aktif dalam belajar, baik itu mengulang materi maupun mencari makna dan memahami teks kitab kuning. Penekanan tersebut sangat relevan dengan model pembelajaran yang ada pada kurikulum 2013. Model Pembelajaran dalam kurikulum 2013 lebih menekankan pada pembelajaran kontekstual dengan student center dan pendekatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan tentang penerapan model pembelajaran dalam metode sorogan pespektif kurikulum 2013 di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat kualitatif, dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan analisisnya pada proses penyimpulan deduktif dan induktif. Pengumpulan data menggunakan metode obsevasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data menggunakan reduksi data, triangulasi, display data dan verification/kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Penerapan model pembelajaran dalam metode sorogan di Madrasah Diniyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta yaitu: penerapan metode sorogan di kelas awaliyah, wustho dan ulya hampir sama. Salah satu santri membaca kitab, sementara santri yang lain dan ustaz\\\ pengampu menyimak bacaan santri tersebut. Setelah dirasa cukup, ustaz\\\ kemudian memberikan pertanyaan seputar nahwu, shorof, makna dan pemahaman terhadap apa yang yang dibaca oleh santri tersebut. Begitu seterusnya sampai jam mengaji sorogan selesai. Yang membedakan pengajian sorogan di setiap tingkatan kelas yaitu terletak pada penekanannya. (2) Penerapan model pembelajaran dalam metode sorogan perspektif kurikulum 2013 sangat relevan dengan discovery learning dimana pembelajaran berpusat pada santri. Dalam metode sorogan terdapat juga empat standar yang ada pada Standar Nasional Pendidikan yaitu standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian. Kata Kunci : Model Pembelajaran, Metode Sorogan, Kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Rofik, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Metode Sorogan, Kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 10:29
Last Modified: 03 Jul 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum