PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPLB YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA

AENATUS SALAMAH, NIM. 15410172 (2019) PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPLB YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPLB YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15410172_BAB-I_atau_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS ANAK TUNAGRAHITA MELALUI KEGIATAN PENGUATAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SMPLB YAPENAS CONDONGCATUR YOGYAKARTA)
15410172_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah bahwa pendidikan karakter merupakan kunci yang sangat penting dalam membentuk kepribadian peserta didik. Melihat kondisi anak tunagrahita yang memiliki keterbatasan intelegensi, keterbatasan sosial, dan keterbatasan fungsi-fungsi mental lainnya, apakah mampu pendidikan karakter itu diberikan kepada anak tunagrahita dengan segala keterbatasan yang dimilikinya. Meski anak tunagrahita memiliki keterbelakangan mental namun anak tunagrahita di SMPLB Yapenas memiliki keunggulan dalam menerapkan nilai-nilai religius diantaranya mau melaksanakan shalat dhuhur secara berjamaah, memiliki sikap toleransi terhadap temannya yang beragama non Islam, serta mempunyai semangat dan antusias untuk belajar mengaji dan menghafal surat-surat pendek. Pendidikan karakter di sekolah ini sebenarnya sudah terealisasikan dengan baik melalui pembelajaran di kelas namun ada juga kegiatan tambahan berupa kegiatan Penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang dilaksanakan setelah shalat dhuhur berjamaah. Kegiatan ini diaplikasikan dalam kegiatan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah berjalan selama dua tahun. Dari berbagai keunggulan karakter religius anak tunagrahita dan diadakannya kegiatan PPK, peneliti merasa tertarik untuk melakukan penelitian mengenai pembentukan karakter religius anak tunagrahita melalui kegiatan penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPLB Yapenas Condongcatur Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara, dan xii dokumentasi. Teknik analisis data dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Proses pembentukan karakter religius anak tunagrahita melalui kegiatan penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPLB Yapenas Condongcatur Yogyakarta terdiri dari enam tahapan yaitu (a) habituasi (pembiasaan) dan pembudayaan yang baik,(b) membelajarkan hal-hal yang baik (moral knowing), (c) moral feeling dan loving: merasakan dan mencintai yang baik, (d) moral acting (tindakan yang baik), (e) keteladanan (moral model) dari lingkungan sekitar, dan (f) tobat (kembali) kepada Allah setelah melakukan kesalahan. 2) Capaian pembentukan karakter religius anak tunagrahita melalui kegiatan penguatan Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPLB Yapenas Condongcatur Yogyakarta tercermin dalam tiga dimensi yaitu dimensi keyakinan (ideologis), dimensi praktik agama (ritualistik), dan dimensi pengamalan (konsekuensi). Kata Kunci: Pembentukan Karakter Religius, Anak Tunagrahita, Kegiatan penguatan PAI

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. H. Maragustam, M.A.
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter Religius, Anak Tunagrahita, Kegiatan penguatan PAI
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:43
Last Modified: 03 Jul 2020 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/37995

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum