PENANAMAN KARAKTER CINTA KESENIAN ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GRUP SHALAWAT AL-BANJARI DI MTS N I MAGETAN

Ulfa Rahma Salsabila, NIM : 15410181 (2019) PENANAMAN KARAKTER CINTA KESENIAN ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GRUP SHALAWAT AL-BANJARI DI MTS N I MAGETAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KARAKTER CINTA KESENIAN ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GRUP SHALAWAT AL-BANJARI DI MTS N I MAGETAN)
15410181_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (13MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KARAKTER CINTA KESENIAN ISLAM MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER GRUP SHALAWAT AL-BANJARI DI MTS N I MAGETAN)
15410181_BAB II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya fakta terhadap kemajuan teknologi dimana siswa-siswi rentan dengan arus budaya Barat serta lingkungan siswa-siswi yang beberapa agamis dan beberapa tidak, mengharuskan pihak madrasah memberikan pembekalan tentang kegiatan berbasis kesenian Islam agar anak dapat mempelajari dan menyukai kegiatan tersebut sehingga kelak dapat melestarikan shalawat di lingkungannya sendiri. Oleh karena itu pihak madrasah tertarik untuk menanamkan karakter cinta kesenian Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler grup shalawat al-Banjari. Penelitian ini bertujuan untuk : (1) untuk mengetahui upaya penanaman cinta budaya Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler grup Shalawat Al-Banjari siswa-siswi MTs N 1 Magetan. (2) untuk mengetahui hasil penanaman cinta kesenian Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler grup Shalawat Al-Banjari siswa-siswi MTs N 1 Magetan. (3) untuk mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan ekstrakurikuler grup shalawat al-Banjari di MTs N 1 Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian lapangan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling dengan Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Pelatih grup shalawat al-Banjari, dan beberapa siswa-siswi grup shalawat al-Banjari. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. xii Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) upaya penanaman karakter dengan keteladanan, penanaman disiplin dan tanggung jawab, penciptaan suasana kondusif, membentuk fondasi pribadi yang kuat, menumbuhkan kepercayaan diri hingga menumbuhkan kebiasaan dan kemampuan aktif untuk mengisi waktu luang. Proses pelaksanaan penanaman karakter cinta kesenian Islam melalui kegiatan ekstrakurikuler shalawat al-Banjari di MTs N 1 Magetan dengan pemberian materi dan penyusunan perencanaan kegiatan. (2) Hasil penanaman karakter berupa wujud penanaman karakter siswa dengan memiliki karakter cinta terhadap kesenian Islam, mempunyai rasa tanggung jawab, semangat dan motivasi meraih prestasi dan meneladani makna shalawat. (3) Faktor penghambat berupa kemauan siswa, kurangnya fasilitas, biaya dan tranportasi yang kurang memadai, serta kurangnya jumlah guru. Sementara faktor pendukung berupa dukungan masyarakat, sekolah, komunikasi yang baik antara peserta didik dan siswa, dan kebutuhan lingkungan sekitar. Kata Kunci: Penanaman Karakter, Karakter “Cinta Kesenian Islam”, Kegiatan Ekstrakurikuler Shalawat al-Banjari

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. H. Karwadi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Penanaman Karakter, Karakter “Cinta Kesenian Islam”, Kegiatan Ekstrakurikuler Shalawat al-Banjari
Subjects: Kesenian
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Sugeng Hariyanto, SIP (sugeng.hariyanto@uin-suka.ac.id)
Date Deposited: 03 Jul 2020 13:44
Last Modified: 03 Jul 2020 13:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/38004

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum