PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI CAWAS KLATEN (Tinjauan Non Linguistik)

IMA ROHKAYATI - NIM. 03420229, (2010) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI CAWAS KLATEN (Tinjauan Non Linguistik). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI CAWAS KLATEN (Tinjauan Non Linguistik))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MUHADATSAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI CAWAS KLATEN (Tinjauan Non Linguistik))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang pelaksanaan pembelajaran muhadatsah dan problematika yang dihadapi guru dan siswa di MTs N Cawas Klaten. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan evaluasi atas pelaksanaan pembelajaran muhadatsah pada khususnya dan bahasa Arab pada umumnya di madrasah tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil obyek penelitian yaitu Problematika Pembelajaran Muhadatsah di MTs N Cawas Klaten (Tinjauan Non Linguistik). Pengambilan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Tehnik analisis data adalah tehnik analisis data kualitatif dengan metode deduktif dan induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa MTs N Cawas menerapkan nadzariyatul wahdah dalam mengajarkan bahasa Arab, maka hanya ada satu mata pelajaran yaitu pelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan satu kali dalam satu minggu dengan durasi waktu 2x40 menit. Pembelajaran Muhadatsah merupakan bagian dari pelajaran bahasa Arab yaitu sebagai salah satu model latihan berbicara. Materi pelajaran diambil dari teks percakapan yang terdapat dalam LKS bahasa Arab. Pembelajaran muhadatsah bertujuan melatih siswa melakukan percakapan mengekspresikan pikiran dan perasaan dengan menggunakan bahasa Arab. Proses pembelajaran terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran muhadatsah dikelas dilakukan dengan membaca, memahami teks, mengartikan dan mempraktekkan secara berkelompok. Problem yang dihadapi guru bahasa Arab dan siswa dalam pembelajaran muhadatsah disebabkan oleh kurangnya lengkapnya sumber belajar, sarana pembelajaran dan keterbatasan alokasi waktu serta motivasi belajar siswa yang masih lemah. Sedangkan problem yang dihadapi siswa dalam pembelajaran muhadatsah disebabkan oleh faktor intern siswa yaitu motivasi siswa untuk belajar bahasa Arab masih kurang dan faktor ekstern yaitu faktor guru (metode mengajar dan pengelolaan kelas) dan faktor sarana dan lingkungan pembelajaran yang kurang mendukung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Dudung Hamdun, M.Si,
Uncontrolled Keywords: pembelajaran muhadatsah, MTs N Cawas Klaten
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 08 Sep 2012 11:51
Last Modified: 04 Apr 2017 07:02
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/3801

Actions (login required)

View Item View Item